Rabu, 25 Juni 2008

Skotlandia - Warga Skotlandia kini tidak bisa sembarangan mengirim pesan singkat (Short Message Service/SMS) atau e-mail 'menggoda' ke orang lain. Bagi yang melanggar, siap-siap meringkuk selama 10 tahun di balik jeruji besi.

Dikutip detikINET dari TheRegister, Selasa (24/6/2008), Skotlandia telah mengumumkan Rancangan Undang-Undang Kejahatan Seksual yang akan mengancam para penjahat seksual. Ini merupakan revisi radikal dari undang-undang kejahatan seksual yang berlaku di Skotlandia.

Nantinya orang yang mengirimkan pesan atau gambar yang mengandung konten seksual akan diancam hukuman penjara selama 10 tahun. Selain itu, orang yang memperdengarkan atau memperlihatkan komunikasi cabul kepada orang lain juga terancam dikenai sanksi ini. Bahkan orang yang berkirim pesan menggoda atau lelucon yang menjurus, bisa saja dikenai sanksi tersebut.

Selanjutnya, pihak jaksa penuntut dan pengadilan yang akan memutuskan apakah suatu komunikasi memang tergolong kejahatan dan si pelaku harus dijebloskan ke penjara atau tidak.

Rancangan undang-undang ini juga melarang orang mengirim gambar asli atau gambar rekaan yang menunjukkan aktivitas seksual tanpa seizin pihak penerima. Jika pihak pengadilan menemukan bahwa pesan itu bertujuan untuk memuaskan hasrat si pengirim atau menyebabkan si penerima gelisah atau ketakutan, maka si pengirim akan menerima hukuman penjara selama 10 tahun.

0 Comments:

Post a Comment