Rabu, 25 Juni 2008

Adu Cepat Boat Tenaga Surya



LEEUWARDEN - Untuk kali kedua, adu cepat kapal tenaga surya Frisian Solar Challenge diselenggarakan di Belanda. Acara tahunan yang dimulai Senin (23/6) itu diikuti 40 peserta dari delapan negara. Selama enam hari, mereka akan berlaga untuk menjadi yang terbaik dan tercepat.

Start yang berlangsung Senin berjalan lancar, meski angin kencang mengganggu sesi kualifikasi sehari sebelumnya. "Walau terpaksa diundur karena masalah teknis, seluruh peserta akhirnya bisa diberangkatkan," kata Jubir Frisian Solar Challenge Christel Pieper.

Dalam kompetisi enam hari itu, ke-40 peserta akan menyusuri jalur perairan di wilayah utara Belanda sepanjang 217 kilometer. Untuk menyelesaikan jarak tersebut, cuaca menjadi tantangan utama peserta. Maklum, perahu yang dipakai dalam ajang itu disyaratkan sepenuhnya bertenaga matahari. "Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang memaksa peserta kreatif," kata Pieper.

Tim dari Technical University of Delft, pemenang Frisian Solar Challenge tahun lalu, melapisi kapal mereka dengan panel surya yang terbuat dari gallium arsenide. Lambung kapal dirancang khusus oleh teknisi ahli Marin Research Institute Netherlands. Tanpa nakhoda, berat total kapal itu kurang dari 90 kilogram.

Namun, menjadi pemenang bukan tujuan akhir peserta ajang tersebut. Yang lebih penting dari kompetisi, yang konon dianggap paling akbar di dunia, itu adalah kreativitas. Mereka ingin menjadi peserta dengan desain kapal tenaga surya paling efisien. (AP/hep/soe)

0 Comments:

Post a Comment