Kamis, 10 Juli 2008



Inggris
- Amerika Serikat (AS) menyerang Iran. Tindakan agresif ini kemudian memicu Perang Dunia III. Benarkah kabar yang beredar lewat e-mail itu?.

Ternyata, itu hanya akal-akalan para penyebar e-mail sampah alias Spam. Mereka memakai berita tipuan tentang dimulainya Perang Dunia III ini, agar orang tertarik membuka link di e-mail yang sejatinya mengandung progam komputer jahat.

Pakar keamanan komputer memperingatkan, e-mail sampah ini punya subyek seperti 'Perang Dunia III telah dimulai', '20.000 Tentara AS di Iran' ataupun 'Tentara AS memasuki wilayah Iran'.

E-mail sampah itu mengandung link menuju halaman situs dengan video yang menggambarkan ledakan bom. Intinya, video itu diceritakan merekam aksi tentara AS yang baru saja menyerang Iran sebagai permulaan Perang Dunia III.

Namun seperti biasanya, link video itu adalah jebakan yang mengandung program jahat. Biro keamanan komputer Sophos memperingatkan jika pengakses membuka video, mereka bisa terinfeksi Trojan.

"Cracker memanfaatkan keadaan di mana orang-orang memantau berita terkini di internet. Orang yang penasaran, misalnya di Timur Tengah, bakal membuka video itu tanpa pikir panjang," demikian tanggapan Graham Cluley, Senior Technology Consultant di Sophos

0 Comments:

Post a Comment