Selasa, 01 Juli 2008



Washington
- Cukup dengan menggerakkan ujung lidah, seseorang yang memiliki kekurangan secara fisik dapat menjalankan kursi roda, bahkan mengoperasikan komputer. Wow!!

Ini semua berkat kehadiran sebuah alat yang dikembangkan para peneliti di Georgia Institute of Technology. Alat ini menggunakan sebuah magnet mungil, seukuran butiran beras. Orang yang menyandang kelumpuhan dapat mengoperasikan kursor di layar komputer atau mengendalikan kursi roda untuk berkeliling ruangan. Alat ini ditanamkan di bagian bawah lidah.

Sebuah headset dengan sensor medan magnet mendeteksi gerakan magnet di lidah, kemudian memancarkan sinyal nirkabel ke komputer portable, yang diletakkan di pakaian pengguna atau kursi roda.

"Kami memilih lidah untuk mengoperasikan sistem ini, karena tak seperti tangan dan kaki yang dikendalikan oleh otak melalui tulang belakang, lidah secara langsung dihubungkan ke otak oleh saraf tengkorak sehingga terhindar dari kerusakan akibat penyakit tulang belakang atau cedera otot," jelas Maysam Ghovanloo, asisten profesor yang membantu proyek ini.

Selain itu pergerakan lidah juga cepat, akurat, dan tidak perlu banyak berpikir, konsentrasi atau usaha keras untuk menggerakkannya.

Para peneliti mengklaim, komputer dapat diprogram untuk memahami gerakan-gerakan khusus lidah, yang dilakukan tiap-tiap pengguna. Masing-masing individu dapat melatih sistem untuk memahami sentuhan di tiap-tiap gigi sebagai perintah yang berbeda.

0 Comments:

Post a Comment