Rabu, 02 Juli 2008



New York
- Raksasa komputer IBM dan perusahaan minyak internasional Repsol YPF berpaling pada prosesor konsol game Playstation 3. Tak main-main, prosesor itu bakal dipakai untuk eksplorasi minyak di kedalaman bumi.

Ladang minyak baru memang terus dicari bersamaan dengan melambungnya harga dan tingginya permintaan. Perusahaan minyak berlomba-lomba mencari peruntungan di area sulit, dari Brasil sampai Afrika Barat.

Mereka memakai teknologi penggambaran 3 dimensi peta kedalaman laut untuk melacak kemungkinan adanya minyak. Sebuah kapal memancarkan bunyi ke dasar bumi dan pantulan suaranya dipakai sebagai data penggambaran lewat bantuan komputer.

Dengan bantuan chip prosesor bernama PowerXCell 8i, proses komputasi tersebut bisa berjalan lebih cepat. Chip tersebut sejatinya adalah perangkat daya untuk Playstation 3, namun kecepatannya dalam mengolah gambar 3 Dimensi secara mendetail telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang.

"Teknik ini diminati seiring perlombaan sengit mencari ladang minyak. Pemanfaatan komputer di industri minyak pun akan melonjak dramatis dalam beberapa tahun ke depan," ujar Tom Mc Clure yang menangani bisnis IBM bidang perminyakan.

Perusahaan Repsol rupanya ingin jadi yang pertama memakai teknologi video game itu. Untuk itulah mereka menggandeng IBM mencari teknik yang tepat memanfaatkan chip video game untuk menemukan ladang minyak baru.

0 Comments:

Post a Comment