Sabtu, 05 Juli 2008



Washington
- Penjahat cyber sering memanfaatkan momentum hari besar untuk melancarkan aksinya menyebar program jahat. Demikian halnya saat peringatan hari kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh pada 4 Juli.

Menurut lembaga keamanan komputer, MX Logic, dua minggu pertama di bulan Juli 2008 bisa penuh dengan peredaran program jahat. MXStorm mencatat kejadian yang sama tahun lalu, di mana virus Storm menyebar memanfaatkan peringatan kemerdekaan AS.

Tahun ini, keadaannya diperkirakan tidak akan jauh berbeda. Apalagi versi terbaru ponsel iPhone rencananya juga akan diluncurkan pada 11 Juli mendatang yang kemungkinan juga bakal jadi momentum penyebaran virus.

"MX Logic memperkirakan adanya banjir spam, scam dan program jahat bertepatan dengan rilis iPhone pada 11 Juli mendatang," demikian pernyataan MX Logic.

Buktinya pun sudah mengemuka. Biro keamanan komputer F-Secure baru saja sukses melacak serangan virus Storm via pesan sampah memanfaatkan momentum kemerdekaan AS.

Dalam kasus ini, calon korban diiming-imingi video kembang api perayaan kemerdekaan. Namun jika mereka mengklik file video yang disediakan, virus Storm malah ter-download dan berpotensi besar mengacaukan sistem.

0 Comments:

Post a Comment