Rabu, 16 Juli 2008
Jakarta - Semangat Open Source adalah kreativitas dan inovasi, bukan partisan atau fanatisme buta. Hal itu juga yang diusung grup musik Radiohead dalam video klip terbaru mereka yang dibuat dengan semangat Open Source.
Video klip tersebut dibuat tanpa menggunakan kamera. Seluruh imaji yang muncul adalah rekaan tiga dimensi yang disusun murni dari data.
Google menjadi rekanan grup musik tersebut dalam mempromosikan lagu 'House of Cards' dari album In Rainbows. Google menyediakan aplikasi interaktif video tersebut beserta kode penyusunnya pada situs code.google.com.
Video 'House of Cards' dibuat tanpa menggunakan kamera. Video itu menggunakan data dari scanner Geometrics Informatics untuk menangkap citra tiga dimensi para musisi. Sedangkan untuk pemandangan kota, digunakan pemindai Velodyne LIDAR.
Google disebut menggunakan teknologi yang mirip dengan yang diterapkan pada Velodyne LIDAR. Bedanya, Google menggunakan teknologi itu untuk menghasilkan pemandangan dalam aplikasi Street View pada Google Maps.
Sesuai semangat Open Source, Radiohead pun membuka data yang digunakan dalam video ini. Harapannya, para pengembang piranti lunak bisa membuat variasi mereka terhadap video klip tersebut.
Di halaman http://code.google.com/creative/radiohead/viewer.html tersedia aplikasi berbasis Flash yang bisa digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan elemen dalam video klip itu. Video klip 'House of Cards' disutradarai oleh James Frost, sedangkan teknologinya ditangani Aaron Koblin.
Jumat, 11 Juli 2008
Jakarta - Oracle tengah menikmati momentum pertumbuhan pelanggannya di kawasan Asia Pasifik & Jepang pada tahun fiskal 2008. Keuntungan mereka naik hingga 26% dibandingkan tahun fiskal 2007.
Sejumlah organisasi besar maupun kecil disebut-sebut jadi pendorong meningkatnya arus kas Oracle. Mereka diklaim telah memilih produk Oracle Database, Oracle Fusion Middleware dan Oracle Applications.
Indonesia pun ikut menjadi penyumbang pemasukan yang lumayan bagi Oracle. Hal ini terlihat dari adanya beberapa perusahaan besar yang menjadi pelanggan Oracle.
Sebut saja PT. Telkom dan PT. Telkomsel di bidang telekomunikasi, PT. Enseval Putera Megatrading, PT. Kalbe Farma Tbk, PT. Lion Super Indo di bidang pabrikan dan ritel, serta PT. Garuda Indonesia di bidang transportasi.
Di tahun ini, Oracle juga memperluas jaringan mitranya sejumlah lebih dari 3.100 mitra di wilayah Asia Pasifik & Jepang, serta merangkul lebih dari 430 mitra baru.
Subscribe to:
Postingan (Atom)