Kamis, 11 Desember 2008

Metal di Timur Tengah

Membaca artikel digest eraMuslim, Menurut Profesor Mark Levin, salah seorang dosen ilmu sejarah di Universitas California-Irvine dan juga seorang penulis buku “Heavy Metal Islam” dan dengan judul kecil dibawahnya “Rock, Resistance, and the Struggle for the Soul of Islam." "Heavy Metal Islam" Membelokan gagasan dan pikiran Perbedaan antara Islam dan Budaya barat. mempertimbangkan Kebudayaan Masa Muda sebagai Model untuk Komunikasi dan kerjasama di jaman internet ini.Menurutnya Tidak sedikit para pemuda Islam di Timur Tengah saat ini yang mulai gandrung pada aliran musik Heavy Metal. Dan itu menurut Levin merupakan sebuah ungkapan revolusi atas perasaan tertekan dan kondisi otoriter yang mereka alami.Mark Levin sudah berbicara dengan sejumlah pemuda seperti itu, dan mereka menyampaikan bahwa mereka tetap melakukan shalat Jum’at di masjid misalnya, selanjutnya mereka meneruskan aksi panggung musik Black Metalnya selama empat jam berturut-turut. dan juga Mark Levine Tidak hanya berjumpa dan makan bersama dengan Muslim HeadbangersYang Lain tapi dia juga Ngejams bareng bersama mereka di apartement, di studio dan juga di Festival ruangan terbuka.

Situs Islamonline melakukan wawancara dengan Mark Levin:

  • Tentang bagaimana music beraliran yang cukup keras ini (Heavy Metal) mulai masuk dan disukai oleh para pemuda Timur Tengah..?
  • Apakah anda merasakan bahwa aliran musik itu tidak menghalangi mereka dari sosok muslim yang baik..?
  • Bagaimana mereka bisa memadukan antara musik beraliran keras dengan Islam..?
  • Di sejumlah negara Arab, apakah ada penentangan terhadap musik Heavy Metal..?
  • Dalam cover buku Anda terpampang gambar perempuan yang berjilbab tapi memakai kaos Iron Maiden. Apa pesan yang ingin Anda sampaikan lewat gambar itu..?

Profesor Mark Levin :
Saya sudah berbicara dengan sejumlah pemuda seperti itu, dan mereka menyampaikan bahwa mereka tetap melakukan shalat Jum’at di masjid misalnya, selanjutnya mereka meneruskan aksi panggung musik Black Metalnya selama empat jam berturut-turut.

Di negara Barat, kita lihat Black Metal adalah salah satu aliran musik Metal yang mempunyai style musik yang unik karena memiliki kecepatan musik dan lengkingan suara dalam nyanyiannya. Di samping iringan drum dan ragam jenis gitar. Aliran musik ini dikenal juga dengan Satanic Metal. Di Amerika dan Skandinavia, aliran musik seperti ini sudah ada dan disebut sebagai aliran setan yang anti pada satu agama tertentu. Tapi di Timur Tengah ada kelompok pemuda yang menyanyikan Satanic Lyric, meski tidak banyak. Kebanyakan mereka mengatakan, alasannya menyanyikan Black Metal hanya sebagai style saja. Mereka tidak menyanyikan lyric2 satanic nya, melainkan jenis aliran musiknya saja.

Di negara arab sendiri ada Sejumlah orang yang mengaku komitmen dan kelompok Salafi selalu menolaknya. Bahkan, mereka bukan hanya menolak Heavy Metal tetapi menolak musik itu secara umum. Meskipun musik itu digunakan untuk kepentingan agama. Ada yang mengatakan itu adalah haram.Tapi perlu ditegaskan, kondisinya sudah berubah dalam sepuluh tahun terakhir. Pada tahun 1997, pemerintah Mesir pernah melarang pertunjukan musik Metal untuk meredakan revolusi agama yang memang menentangnya. Presiden Mubarak merasa pada waktu itu, dia harus meredakan kaum agamis yang menentangnya.Tapi setelah itu, sejumlah pemuda mulai cenderung pada aliran ini, meskipun mereka tetap berhati-hati dengan berbagai hal yang tidak sesuai dengan kondisi Mesir, terkait dengan masalah Zionisme atau tudingan menyerupai Barat. Sekarang, Heavy Metal bukan masalah di Timur Tengah. Pemerintah tidak terlalu memantau prilaku penduduknya karena orang-orang Mesir sekarang juga sudah berubah. Al-Ikhwan Al-Muslimun saat ini tengah sibuk dengan tekanan dari pemerintah, sehingga perhatian mereka terhadap masalah aliran musik dan group band Heavy Metal tidak terlalu tajam lagi.

Di Maroko, Partai Keadilan dan Pembangunan yang dikenal memiliki orientasi keIslaman masih menentang Heavy Metal. Tapi sejumlah partai agama lainnya tidak terlalu menentangnya karena pada umumnya, mereka sedang sibuk mengkaji dan mempermasalahkan soal demokratisasi di tempatnya.Music metal Di daerah Timur Tengah Memang sudah menyebar. Tapi Heavy Metal di sana sudah kehilangan substansinya. Aliran heavy metal itu sendiri muncul pertama di Inggris pada tahun '60 atau '70-an sebagai bentuk penolakan terhadap kaum muda yang kehilangan pekerjaan dan karena rekonstruksi perekonomian yang meninggalkan bisnis konvensional sehinga banyak tempat yang dilanda kemiskinan. Semua kondisi itu memunculkan kemarahan, dan itulah yang melatarbelakangi Heavy Metal.

Kalau masalah cover Sebagian orang menganggap jilbab itu sebagai ancaman. Saya ingin mengangkat pesan bahwa ketika Anda melihat perempuan berjilbab dengan kaos seperti ini, apa pendapat Anda? Anda pasti akan melihatnya berbeda. Ternyata dia menyukai Heavy Metal seperti Anda. Titik inilah yang ingin saya angkat dalam uraian buku saya pada bab “Mengapa mereka membenci kami?” Kaum Muslimin itu masing-masing berbeda. Kita di AS juga berbeda-beda ada yang beraliran partai Demokrat, ada yang Republik, yang satu sama lain saling berkompetisi. Kita tidak mungkin menyamaratakan pandangan terhadap Islam dan dunia Islam, karena ada ragam bentuk di sana..

0 Comments:

Post a Comment