Kamis, 30 Oktober 2008

Helsinki - Game online seperti Second Life di mana para pemain menjalankan karakter di sebuah dunia virtual cukup populer belakangan ini. Namun dunia Second Life yang begitu bebas dinilai kurang sesuai bagi kaum Muslim, misalnya karena banyaknya karakter berpakaian minim.Menjawab hal itu, dalam beberapa waktu mendatang dunia virtual umat Muslim bakal segera diluncurkan. Tak seperti Second Life yang cukup liberal, dunia virtual baru tersebut akan kental dengan budaya Islam.

Portal virtual Muslim tersebut dikembangkan oleh Muxlim.com, komunitas Muslim online berbasis di Finlandia yang diklaim terbesar di dunia. Menurut VP Muxlim.com, Ashar Saeed, dunia virtual itu bakal dinamai Muxlim Pal.Di Muxlim Pal, banyak karakter wanita akan memakai jilbab. Selain itu, para karakter virtual juga bisa melakukan ibadah rutin setiap harinya.Saeed mengakui pada dasarnya Muxlim Pal tak terlalu berbeda dengan dunia virtual semacam Second Life. Para pemain dapat membuat karakter virtual untuk beraktivitas di dunia rekaan itu, misalnya membuat rumah atau berolahraga.

Tujuan pembuatan Muxlim Pal ini adalah untuk mengeksplorasi budaya Islam, khususnya bagi masyarakat dunia barat. Saed memaparkan bahwa nantinya game Muxlim Pal tidak hanya bisa dimainkan oleh kaum Muslim, tetapi juga umat lain yang ingin tahu tentang kebudayaan Islam.

Selasa, 28 Oktober 2008

Jakarta - Raksasa piranti lunak Microsoft mengumumkan Windows Azure, sebuah versi baru Windows yang lain dari biasanya. Disebut demikian karena Windows Azure adalah sistem operasi yang memanfaatkan konsep cloud computing alias berkomputer dengan memanfaatkan internet. Apa maksudnya? Dengan Windows Azure, aplikasi akan dijalankan pada data center Microsoft dan bukan pada server sebuah perusahaan. Kemudian, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi itu asalkan terhubung ke internet.

"Ini adalah transformasi dari piranti lunak kami dan transformasi dari strategi kami," ujar Ray Ozzie, Chief Software Architect Microsoft.Pengumuman Windows Azure dilakukan dalam Professional Developers Conference yang digelar Microsoft di Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Oktober 2008 waktu setempat. Azure akan menempatkan Microsoft bersaing secara langsung dengan penyedia jasa serupa, seperti Amazon, Salesforce.com dan Rackspace.

Belum ada rincian mengenai harga 'sewa' yang akan diterapkan Microsoft untuk Azure. Saat ini, Ozzie mengumumkan, Azure masih gratis bagi pengembang yang ingin mencobanya. Microsoft pun berencana memanfaatkan Azure untuk berjualan beberapa piranti lunaknya yang biasanya dijual untuk digunakan pada server kantor. Semua piranti lunak Enterprise Microsoft, termasuk Exchange, dikabarkan akan menawarkan pilihan ini. Jika sistem operasi 'tradisional' Microsoft seperti Windows Vista atau Windows 7 nantinya ternyata kurang 'laku', bisa jadi Azure akan menjadi masa depan bagi raksasa piranti lunak itu. Mungkinkah?

Kamis, 23 Oktober 2008

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

- Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

- Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

- Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

- Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

- Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

- Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

-Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data

- Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

- Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Jakarta - Pengguna komputer di China naik pitam gara-gara Microsoft meluncurkan tool anti pembajakan. Bahkan ada yang tak segan mendeskripsikan Microsoft sebagai cracker terbesar di China.Kekesalan user ini terkait program 'Windows Genuine Advantage' yang akan mengubah layar komputer mereka menjadi hitam jika software yang diinstal tidak memenuhi tes validasi.Program ini merupakan senjata terakhir yang dilancarkan Microsoft untuk memerangi pembajakan di China, yang juga merupakan negara dengan tingkat pembajakan terbesar di dunia.Selama ini Microsoft kelimpungan menghadapi maraknya pembajakan di Negeri Tirai Bambu tersebut. Diyakini mayoritas user di China menggunakan software bajakan, baik disadari maupun tidak."Mengapa Microsoft tiba-tiba tersambung dengan komputerku? Ini komputerku. Microsoft tidak berhak mengontrol hardwareku tanpa persetujuanku," protes salah seorang blogger.Keluh kesah senada juga datang dari blogger lainnya. "Jika harga software asli lebih murah daripada yang bajakan, siapa yang akan memilih barang bajakan," tulis blogger lainnya.Seorang pengacara Beijing, Dong Zhengwei, 35, bahkan mendeskripsikan Microsoft sebagai cracker terbesar di China karena mengobok-obok sistem komputer user tanpa persetujuan si pemilik."Saya menghargai hak Microsoft untuk melindungi kekayaan intelektualnya, tapi target dan cara yang dilakukan keliru. Seharusnya yang menjadi target adalah produser dan penjual, bukan user," tandasnya.

Senin, 20 Oktober 2008

Gothic Metal

Gothic metal adalah sejenis musik metal yang biasanya (namun tidak selalu) memakai dua orang vokalis. Pertama vokal wanita dengan suara soprano, lalu vokal kedua adalah vokal pria dengan gaya vokal dari musik black atau death metal (sehingga gaya vokal seperti itu banyak disebut sebagai vokal 'Beauty and the Beast'). Lirik-liriknya kebanyakan bernuansa pagan, kemuraman, kegelapan. Aliran musik ini paling populer di Eropa, meskipun jumlah penggemar mainstream (kalangan umum) tidak banyak.Band yang terkenal dalam jenis musik ini adalah : Theater of Tragedy, Lacuna Coil, Trail of Tear. Gothic metal adalah sejenis musik metal yang biasanya (namun tidak selalu) memakai dua orang vokalis. Pertama vokal wanita dengan suara soprano, lalu vokal kedua adalah vokal pria dengan gaya vokal dari musik black atau death metal (sehingga gaya vokal seperti itu banyak disebut sebagai vokal 'Beauty and the Beast'). Lirik-liriknya kebanyakan bernuansa pagan, kemuraman, kegelapan. Aliran musik ini paling populer di Eropa, meskipun jumlah penggemar mainstream (kalangan umum) tidak banyak.Band yang terkenal dalam jenis musik ini adalah : Theater of Tragedy, Lacuna Coil, Trail of Tear.Gothic Metal ialah musik metal yang berasaskan riff guitar seperti musik Thrash/Heavy Metal yang agak bermelodi redup serta diadunkan dan disadurkan dengan unsur-unsur keyboard dan synth, serta lirik metafora/puisi yang menjurus kearah kegelapan,kemuraman dan pagan seperti band My Dying Bride Paradise Lost Anathema->ini band doom yang berpengaruh pada gothic ! dan kemudian dikembangkan oleh band seperti Evereve dan Crematory.Daripada musik akar Gothic Metal inilah muncul pula aliran Gothic Doom Metal dan Gothic Operatic Power Metal. Pembawa musik aliran Gothic/Doom yang terkenal ialah Theatre of Tragedy, mereka ialah band Gothic Doom Metal yang pertama yang memperkenalkan konsep “Beauty and the Beast act” iaitu konsep nyanyian yang menggabungkan suara growl seakan-akan Death Metal yang digandingkan dengan suara Mezzo-Soprano penyanyi wanita, bunyi guitarnya agak keras dan berat(Doom). Nightwish pula adalah contoh terbaik band Gothic Operatic Power Metal yang menggabungkan musik Power Metal yang diadunkan dengan keyboard/synth serta lirik yang berlatarkan Gothic serta nyanyian soprano yang menonjol daripada penyanyi wanita.

Sekarang agak banyak kekeliruan yang timbul antara Operatic dan Gothic. Operatic Metal ialah seperti yang dibawa Therion dan Nightwish, yang menggabungkan unsur-unsur Simfoni Orkestra dan vocal Soprano. Vocal wanita dalam aliran Gothic pula lebih kepada Mezzo-soprano (ton nada suara yang rendah, seakan-akan suara nyanyian biasa). Adalah penting untuk diingatkan bahawa Gothic Metal adalah berbeda daripada apa yang dibawa oleh band mainstream My Chemical Romance