Rabu, 16 Juli 2008



Jakarta
- Semangat Open Source adalah kreativitas dan inovasi, bukan partisan atau fanatisme buta. Hal itu juga yang diusung grup musik Radiohead dalam video klip terbaru mereka yang dibuat dengan semangat Open Source.

Video klip tersebut dibuat tanpa menggunakan kamera. Seluruh imaji yang muncul adalah rekaan tiga dimensi yang disusun murni dari data.

Google menjadi rekanan grup musik tersebut dalam mempromosikan lagu 'House of Cards' dari album In Rainbows. Google menyediakan aplikasi interaktif video tersebut beserta kode penyusunnya pada situs code.google.com.

Video 'House of Cards' dibuat tanpa menggunakan kamera. Video itu menggunakan data dari scanner Geometrics Informatics untuk menangkap citra tiga dimensi para musisi. Sedangkan untuk pemandangan kota, digunakan pemindai Velodyne LIDAR.

Google disebut menggunakan teknologi yang mirip dengan yang diterapkan pada Velodyne LIDAR. Bedanya, Google menggunakan teknologi itu untuk menghasilkan pemandangan dalam aplikasi Street View pada Google Maps.

Sesuai semangat Open Source, Radiohead pun membuka data yang digunakan dalam video ini. Harapannya, para pengembang piranti lunak bisa membuat variasi mereka terhadap video klip tersebut.

Di halaman http://code.google.com/creative/radiohead/viewer.html tersedia aplikasi berbasis Flash yang bisa digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan elemen dalam video klip itu. Video klip 'House of Cards' disutradarai oleh James Frost, sedangkan teknologinya ditangani Aaron Koblin.

Jumat, 11 Juli 2008



Jakarta
- Oracle tengah menikmati momentum pertumbuhan pelanggannya di kawasan Asia Pasifik & Jepang pada tahun fiskal 2008. Keuntungan mereka naik hingga 26% dibandingkan tahun fiskal 2007.

Sejumlah organisasi besar maupun kecil disebut-sebut jadi pendorong meningkatnya arus kas Oracle. Mereka diklaim telah memilih produk Oracle Database, Oracle Fusion Middleware dan Oracle Applications.

Indonesia pun ikut menjadi penyumbang pemasukan yang lumayan bagi Oracle. Hal ini terlihat dari adanya beberapa perusahaan besar yang menjadi pelanggan Oracle.

Sebut saja PT. Telkom dan PT. Telkomsel di bidang telekomunikasi, PT. Enseval Putera Megatrading, PT. Kalbe Farma Tbk, PT. Lion Super Indo di bidang pabrikan dan ritel, serta PT. Garuda Indonesia di bidang transportasi.

Di tahun ini, Oracle juga memperluas jaringan mitranya sejumlah lebih dari 3.100 mitra di wilayah Asia Pasifik & Jepang, serta merangkul lebih dari 430 mitra baru.

Kamis, 10 Juli 2008



Inggris
- Amerika Serikat (AS) menyerang Iran. Tindakan agresif ini kemudian memicu Perang Dunia III. Benarkah kabar yang beredar lewat e-mail itu?.

Ternyata, itu hanya akal-akalan para penyebar e-mail sampah alias Spam. Mereka memakai berita tipuan tentang dimulainya Perang Dunia III ini, agar orang tertarik membuka link di e-mail yang sejatinya mengandung progam komputer jahat.

Pakar keamanan komputer memperingatkan, e-mail sampah ini punya subyek seperti 'Perang Dunia III telah dimulai', '20.000 Tentara AS di Iran' ataupun 'Tentara AS memasuki wilayah Iran'.

E-mail sampah itu mengandung link menuju halaman situs dengan video yang menggambarkan ledakan bom. Intinya, video itu diceritakan merekam aksi tentara AS yang baru saja menyerang Iran sebagai permulaan Perang Dunia III.

Namun seperti biasanya, link video itu adalah jebakan yang mengandung program jahat. Biro keamanan komputer Sophos memperingatkan jika pengakses membuka video, mereka bisa terinfeksi Trojan.

"Cracker memanfaatkan keadaan di mana orang-orang memantau berita terkini di internet. Orang yang penasaran, misalnya di Timur Tengah, bakal membuka video itu tanpa pikir panjang," demikian tanggapan Graham Cluley, Senior Technology Consultant di Sophos

Selasa, 08 Juli 2008



New York
- Bill Gates mendapat penghargaan Einstein Award dari Hebrew University of Jerusalem dan lembaga American Friends of the Hebrew University (AFHU). Penghargaan Einstein Award ini baru pertama kali diberikan oleh universitas tersebut.

"Einstein Award menghadirkan kreasi serangkaian pemikiran besar dan diinspirasi oleh Albert Einstein, seorang bapak pendiri universitas kami yang membawa perubahan pemikiran manusia tentang dunia," ujar Professor Menachem Magidor, presiden Hebrew University .

Bill Gates dinilai paling layak menerima penghargaan ini, karena dia adalah seorang pemimpin yang tindakannya berdasarkan pengetahuan bagi kemajuan manusia. Salah satunya jasanya adalah memerangi penderitaan manusia.

"Suatu kehormatan bagi kami untuk memberikan penghargaan ini kepada Bill Gates atas pencapaiannya yang revolusioner di dunia TI, yang membawa perubahan besar bagi kehidupan jutaan orang di dunia ini," tandas George A. Schieren, presiden AFHU.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah melepaskan diri dari kesibukan di Microsoft, Gates akan mengabdikan diri pada Bill & Mellinda Gates Foundation, yayasan amal terbesar di dunia yang dia bangun bersama istrinya di tahun 1994.

Penghargaan Einstein Award ini akan diberikan di acara jamuan makan malam di New York pada Desember mendatang.



Jakarta
- Secara default, ukuran gambar yang ditampilkan pada posisi thumbnails di sistem operasi Windows XP tidaklah besar, kira-kira hanya 96 pixel.

Salah satu cara untuk memodifikasi ukuran thumbnails tersebut tanpa perlu mengutak-atik registry Windows, adalah dengan menggunakan programs utility "TweakUI PowerToy" dari Microsoft.

Dengan program tersebut, Anda dengan mudah dapat mengubah ukuran default thumbnails sehingga menjadi lebih kelihatan. Pastikan program tersebut sudah terinstal di komputer Anda, bisa di-download di situs Microsoft. Lalu untuk mengubah ukuran thumbnails ikuti langkah berikut ini:

1. Klik Start Menu > All Programs > Powertoys for Windows XP > Tweak UI.
2. Pada window Tweak UI, klik menu Explorer lalu pilih Thumbnails.
3. Ubah ukuran pixel thumbnails sesuai keinginan, misalnya 200 pixel. Pastikan ukuran Image Quality disetting pada posisi mendekati high agar thumbnails terlihat bagus. Namun demikian, semakin tinggi settingan Image Quality, dibutuhkan memory dan disk space yang lebih besar.
4. Klik Apply.

Kini ukuran gambar yang ditampilkan pada thumbnails menjadi lebih besar.



Jepang
- Berbagai perusahaan teknologi tampaknya berlomba mengembangkan media penyimpanan dengan kapasitas yang makin meraksasa.

Contohnya saja perusahaan elektronik Jepang, Pioneer yang mengumumkan sedang mengembangkan sebuah optical disc dengan kapasitas super besar, yakni 400 GB. Belum ada sebuah cakram disk dengan kapasitas sebesar itu saat ini di pasaran.

Pioneer memaparkan, disk besutannya itu punya 16 lapisan dengan masing-masing lapisan mampu memuat data sebesar 25 GB, sama dengan kapasitas satu sisi disk Blu ray. Disk Pioneer itu juga dinyatakan kompatibel dengan pemutar Blu ray.

Pioneer menyatakan latar belakang dibuatnya disk itu adalah makin besarnya kebutuhan media penyimpanan berkapasitas besar.

"Pengembangan disk ini meningkatkan kepercayaan diri Pioneer dalam hal pengembangan optical disk kapasitas raksasa. Di masa depan, produk semacam ini bakal makin penting keberadaannya," demikian pernyataan Pioneer.

Pioneer berencana merilis detail teknologi disk tersebut dalam kesempatan International Symposium on Optical Memory and Optical Data Storage yang berlangsung tanggal 13 Juli di Hawaii. Belum dinyatakan pasti kapan disk tersebut akan dilempar ke pasaran komersial.

Sabtu, 05 Juli 2008



Jakarta
- Militer Jepang malu gara-gara kehilangan USB Flashdisk. Bukan sembarang flashdisk, isinya adalah peta penyebaran serdadu latihan militer bersama dengan Amerika Serikat.

Bukan hanya hilang, flashdisk itu awalnya dicuri, lalu ditemukan kembali, lalu terbuang.

Awal kisahnya seperti ini, pada Februari 2007, seorang Kapten Angkatan Darat berusia 33 tahun mencuri USB Flashdisk itu bersama dengan uang tunai 2000 yen dan kupon untuk penerbangan senilai 10.000 yen.

Tertangkap, sang kapten dihukum selama sebulan. Namun kepada publik, militer Jepang tidak pernah menyinggung tentang USB yang ikut dicuri itu. Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba mengatakan sengaja hal itu tidak disampaikan karena mereka tidak menginginkan orang mencari data tersebut di internet.

Setelah itu, seorang Letnan Kolonel meminjam flashdisk tersebut dan meminjamkannya lagi pada seorang Sersan satu. Sersan satu tersebut meletakkanya di atas meja dan ternyata tak sengaja terbuang ke tempat sampah.

Semua pihak yang teledor dalam kasus itu disebutkan telah dihukum. Meski data yang terdapat di dalamnya sangat sensitif, namun tidak cukup penting sehingga ketiganya harus dihukum secara pidana.

Militer Jepang bukan sekali ini saja dilanda malu akibat keteledoran personilnya. Di 2007, tiga personil Angkatan Laut dihukum karena saling berkirim e-mail yang mencakup spesifikasi sistem misil Aegis bersama dengan gambar porno dalam jumlah besar.

Data Aegis itu lebih 'seram' karena mencakup rincian target yang bisa dilacak oleh sistem Aegis dan formula untuk sistem pencegahannya. Kontan kasus tersebut membuat pusing Militer Amerika Serikat yang mengandalkan Aegis untuk Angkatan Lautnya.



Washington
- Penjahat cyber sering memanfaatkan momentum hari besar untuk melancarkan aksinya menyebar program jahat. Demikian halnya saat peringatan hari kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh pada 4 Juli.

Menurut lembaga keamanan komputer, MX Logic, dua minggu pertama di bulan Juli 2008 bisa penuh dengan peredaran program jahat. MXStorm mencatat kejadian yang sama tahun lalu, di mana virus Storm menyebar memanfaatkan peringatan kemerdekaan AS.

Tahun ini, keadaannya diperkirakan tidak akan jauh berbeda. Apalagi versi terbaru ponsel iPhone rencananya juga akan diluncurkan pada 11 Juli mendatang yang kemungkinan juga bakal jadi momentum penyebaran virus.

"MX Logic memperkirakan adanya banjir spam, scam dan program jahat bertepatan dengan rilis iPhone pada 11 Juli mendatang," demikian pernyataan MX Logic.

Buktinya pun sudah mengemuka. Biro keamanan komputer F-Secure baru saja sukses melacak serangan virus Storm via pesan sampah memanfaatkan momentum kemerdekaan AS.

Dalam kasus ini, calon korban diiming-imingi video kembang api perayaan kemerdekaan. Namun jika mereka mengklik file video yang disediakan, virus Storm malah ter-download dan berpotensi besar mengacaukan sistem.



London
- Situs jejaring sosial macam Friendster ataupun Facebook memang tengah digandrungi dan kerap diakses remaja. Namun meski punya berbagai manfaat positif, kaum muda bisa mengalami krisis identitas jika terlalu kecanduan pada situs semacam itu. Mereka bisa bingung dengan identitas dirinya sendiri.

Setidaknya, itulah yang dikemukakan dalam studi Dr Himanshu Tyagi dari Royal College of Psychiatrists, Inggris. Ia menyatakan, generasi yang tumbuh bersama internet mengalami berbagai risiko.

Misalnya saja, dunia online yang dinamis membuat kehidupan nyata dianggap membosankan sehingga kaum muda tak peduli dengan kehidupan serta identitasnya di dunia nyata. Mereka pun bisa gagap menjalin hubungan dengan orang lain.

"Sebuah hubungan bisa terjadi dalam satu klik mouse dan Anda bisa mengubah-ubah profil di internet. Akibatnya, kehidupan nyata dianggap membosankan sehingga memunculkan sikap ekstrim," ujar Dr Tyagi.

Dr Tyagi menambahkan, chat room internet juga membuat orang-orang bisa bertingkah liar dan kehilangan identitas karena sifatnya yang anonim. Meski mengakui internet memberi banyak manfaat, namun penting untuk mewaspadai dampak negatif yang ditimbulkannya.



Washington
- Tak hanya di Indonesia, Amerika Serikat pun punya skema semacam Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan gratis untuk mendorong ekonomi rakyat. Namun kebijakan ini disinyalir malah membuat industri porno online di negeri itu makin berkibar.

Dalam kebijakan pemerintahan George W. Bush ini, tiap pembayar pajak diberi uang tunai maksimal USD 1200. Semenjak uang itu diberikan, lembaga Adult Internet Market Research (AIMRCo) mengidentifikasi peningkatan tidak wajar dalam pemasukan industri pornografi internet.

"Biasanya, musim panas seperti ini adalah periode di mana industri melambat. Namun banyak situs yang kami survei melaporkan pertumbuhan anggota sampai 30 persen sejak pertengahan Mei ketika bantuan tunai diberikan," ungkap Kirk Mishkin, kepala penelitian di AIMRCo.

Diduga kuat, uang tunai yang diberikan pemerintah malah dihabiskan masyarakat untuk mengakses konten porno berbayar. Dugaan ini diamini Jillian Fox, juru bicara LSGmodels, salah satu situs porno yang disurvei AIMRCo.

"Dalam survei kami di bulan Juni, 32 persen responden mengakui bahwa bantuan tunai itu jadi salah satu modal mereka untuk menjadi anggota situs kami," demikian kata Fox.



Jakarta
- Lembaga International Organization for Standardization (ISO) mengumumkan bahwa produk Portable Document Format (PDF) dari Adobe resmi jadi standar internasional.

PDF adalah format dokumen digital yang terus menanjak popularitasnya. Menurut Adobe, saat ini terdapat 2000 pengembang PDF dan miliaran file PDF dipakai di seluruh dunia.

Dengan menjadi standar internasional ini, Adobe menyerahkan kontrol PDF pada ISO dalam ISO International Standard 32000-1. ISO bakal bertanggungjawab mempublikasikan spesifikasi versi terkini PDF yakni 1.7 dan juga pengembangan versi selanjutnya.

"Dengan memberikan spesifikasi penuh PDF pada ISO, kami memperkuat komitmen pada keterbukaan," tutur Kevin Lynch, Chief Technology Officer Adobe.

Adobe berharap dengan didapatnya standar ISO ini, format PDF akan semakin banyak dipakai oleh berbagai kalangan, utamanya pemerintah dan perusahaan besar.

Sekretaris Jenderal ISO Alan Bryden menambahkan bahwa dengan standar ISO ini, format PDF bisa tersedia secara mudah bagi stakeholders dan pengembang yang berminat.


Tokyo - Begitu banyak orang yang saat ini mempunyai blog. Tapi tahukah Anda bahasa apa yang paling banyak dipakai dalam blog internet?

Ternyata jawabannya bukan bahasa Inggris meski bahasa ini menyandang status bahasa internasional. Bukan pula bahasa China walaupun begitu banyak manusia yang memakainya.

Tidak lain dan tak bukan, bahasa Jepang adalah yang paling banyak dipakai dalam blog internet. Bahasa negeri Sakura ini memiliki persentase pemakaian sebesar 37 persen dalam seluruh blog yang ada di dunia.

Baru di urutan selanjutnya adalah bahasa Inggris dengan persentase 36 persen. Berada di peringkat ketiga adalah bahasa China dengan persentase 'hanya' 8 persen.

Setidaknya, itulah yang terungkap dalam laporan Institute for Information and Communications Jepang. tak dapat dipungkiri bahwa orang Jepang memang gila ngeblog.

Masih menurut laporan itu, sekitar 20 persen dari seluruh pengguna internet Jepang mempunyai blog. Jika ditotal, terdapat sekitar 1,35 miliar entri dan 16,9 juta situs blog milik orang Jepang.

Kamis, 03 Juli 2008



Jakarta
- Sepertinya tekad Microsoft untuk menggaet Yahoo sudah bulat. Berbagai cara dan upaya pun terus dilakukan Microsoft untuk memuluskan niatnya tersebut.

Kini dikabarkan, Microsoft sedang menyiapkan sebuah penawaran baru untuk bisnis Yahoo Search. Namun berbeda dari biasanya, untuk penawaran kali ini, raksasa produsen software ini tak ingin berupaya sendiri, melainkan dengan mengajak perusahaan lain untuk coba merayu Yahoo.

Microsoft disebut-sebut mulai mendekati beberapa perusahaan seperti Time Warner dan News Corp untuk mengajukan penawaran baru bagi Yahoo.

Melihat geliat perjuangan Microsoft, tak bisa dipungkiri perusahaan asal Redmond ini terlihat begitu tertarik untuk membeli bisnis Yahoo Search. Namun saat dikonfirmasi tentang kebenaran kabar ini, Microsoft masih menolak berkomentar.

Sebelumnya, Microsoft dikabarkan telah menawar bisnis Yahoo Search senilai US$ 1 miliar, ditambah investasi US$ 8 miliar. Tapi dengan syarat, Yahoo harus terikat secara eksklusif dengan Microsoft selama 10 tahun dalam keseluruhan bisnis Search.

Hal itu sekaligus akan memberi Microsoft hak veto dalam menentukan masa depan Yahoo. Yahoo sendiri menilai tawaran ini akan merugikan mereka.


Jakarta - Adobe Systems Inc. mengumumkan kehadiran piranti lunak Acrobat 9 di tanah air. Software ini diklaim telah dikembangkan dengan penambahan sejumlah fitur di dalamnya.

Fitur yang paling dijagokan dalam produk ini adalah kemampuan untuk menyatukan bermacam-macam konten dalam portofolio PDF. Untuk pertama kalinya, Acrobat menyediakan dukungan untuk teknologi Adobe Flash, sehingga pengguna dijanjikan dapat menggabungkan Adobe Flash Player, file video dan aplikasi lain yang sesuai dengan dokumen PDF yang dibuatnya.

Sementara si penerima dokumen tersebut, menurut Michelle Max, Business Development Manager Adobe South East Asia, hanya perlu piranti lunak Adobe Reader 9 yang bisa di-download gratis untuk menggunakan konten tersebut.

PDF Portofolio pada Acrobat 9 memungkinkan para profesional bisnis untuk menggabungkan beberapa tipe media, seperti dokumen, video, audio bahkan obyek tiga dimensi ke dalam satu file PDF yang dikompres.

Selanjutnya pengguna dapat memilih di antara beberapa layout atau merancangnya sendiri untuk mengintegerasikan konten secara cepat, menentukan navigasi dan menambahkan branding.

"Sehingga untuk membuka file multimedia di Acrobat 9 tak lagi memerlukan program baru," umbar Tony Lim, Senior Consultant Technical Solutions Group Adobe South East Asia dalam acara peluncuran yang berlangsung di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu (2/7/2008).

Adobe membagi produk ini ke dalam tiga kelas, yakni Standart, Pro dan Pro Extended, dengan rentang harga mulai dari US$ 99 hingga US$ 699. Direncanakan, produk ini sudah tersedia pada Juli 2008 dalam versi bahasa Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang.

Rabu, 02 Juli 2008



Dubai
- Lazimnya, seorang suami akan berusaha mati-matian menjaga kehormatan istrinya. Namun, tidak demikian dengan pria Dubai yang satu ini. Ia justru mengancam akan mempublikasikan foto-foto bugil istrinya di internet untuk mempermalukan sang istri.

Pria berusia 35 tahun yang tak disebutkan namanya itu mengirimkan foto-foto bugil istrinya ke keluarga sang istri dan mengancam akan mempublikasikannya dalam situs porno.

Dalam e-mail yang dikirimkan ke ayah mertua dan kakak mertuanya, si pria juga menyebutkan bahwa dia dan istrinya telah berzinah sebelum mereka menikah.

"Ia berkirim e-mail kepada ayah dan kakakku, serta mengancam akan mempublikasikan foto-foto bugilku di majalah seks. Selain itu, dia juga mengancam akan menyebarkan foto-foto itu ke teman-teman dan relasi," ujar si istri yang berusia 27 tahun.

Entah apa alasan sebenarnya yang mendorong si suami untuk mempermalukan istrinya tersebut. Namun, dari e-mail itu tersirat alasan yang dikemukakan sepele. Disebutkan bahwa si suami akan menyebarkan foto-foto bugil istrinya jika sang istri tidak berhenti menghubungi keluarga si suami.

Alhasil, tindakan si suami ini dilaporkan ke pihak berwajib. Dan pria tersebut harus meringkuk di balik jeruji besi selama tiga bulan.



New York
- Raksasa komputer IBM dan perusahaan minyak internasional Repsol YPF berpaling pada prosesor konsol game Playstation 3. Tak main-main, prosesor itu bakal dipakai untuk eksplorasi minyak di kedalaman bumi.

Ladang minyak baru memang terus dicari bersamaan dengan melambungnya harga dan tingginya permintaan. Perusahaan minyak berlomba-lomba mencari peruntungan di area sulit, dari Brasil sampai Afrika Barat.

Mereka memakai teknologi penggambaran 3 dimensi peta kedalaman laut untuk melacak kemungkinan adanya minyak. Sebuah kapal memancarkan bunyi ke dasar bumi dan pantulan suaranya dipakai sebagai data penggambaran lewat bantuan komputer.

Dengan bantuan chip prosesor bernama PowerXCell 8i, proses komputasi tersebut bisa berjalan lebih cepat. Chip tersebut sejatinya adalah perangkat daya untuk Playstation 3, namun kecepatannya dalam mengolah gambar 3 Dimensi secara mendetail telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang.

"Teknik ini diminati seiring perlombaan sengit mencari ladang minyak. Pemanfaatan komputer di industri minyak pun akan melonjak dramatis dalam beberapa tahun ke depan," ujar Tom Mc Clure yang menangani bisnis IBM bidang perminyakan.

Perusahaan Repsol rupanya ingin jadi yang pertama memakai teknologi video game itu. Untuk itulah mereka menggandeng IBM mencari teknik yang tepat memanfaatkan chip video game untuk menemukan ladang minyak baru.



California - Serangan cracker makin menggila dan menimbulkan keresahan. Betapa tidak? Dalam kasus terbaru di Amerika Serikat, kode PIN (personal identification number) ATM bank pun berhasil dibobol cracker sehingga merugikan nasabah sampai jutaan dolar.

Tiga orang komplotan cracker tersebut telah dibekuk dan sedang menghadapi proses hukum di pengadilan New York. Mereka diduga kuat membobol jaringan ATM bank Citibank dan mencuri beberapa nomor PIN yang seharusnya tak boleh diketahui selain oleh pemiliknya.

Berbekal PIN curian itu, mereka berhasil meraup duit sekitar 2 juta dollar dalam kurun waktu Oktober 2007 sampai Maret 2008. Demikian yang terungkap dalam dokumen pengadilan.

Diduga, mereka menyerang komputer yang menangani penarikan uang. PIN kemungkinan dicuri saat ditransmisikan dari ATM menuju komputer pemroses transaksi.

Kontan saja, kasus ini memicu kekhawatiran nasabah Citibank, bank yang punya ribuan ATM di seluruh penjuru Amerika. Pihak Citibank sendiri belum berkomentar banyak. Mereka hanya menegaskan sedang memantau konsumen yang terkena efeknya.

Selasa, 01 Juli 2008


Jakarta - Komunitas Open Source Indonesia terus merapatkan barisan, kali ini dengan membentuk Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI). Asosiasi itu disebut mendapat dukungan dari berbagai penggiat Open Source tanah air.

Penandatanganan akta pendirian AOSI dilakukan Senin (30/6/2008) di Kantor Departemen Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta dengan disaksikan langsung oleh Menkominfo Mohammad Nuh.

AOSI sejauh ini masuh sebatas akta pendirian dan belum memiliki susunan kepengurusan resmi. Untuk membentuk kepengurusannya, saat ini telah terbentuk tim formatur AOSI.

Tim formatur tersebut terdiri dari Harry Sufehmi, Teddy Sukardi, Soemitro Rustam dan Rusmanto. Selain itu, duta Open Source Indonesia Betty Alisjahbana juga turut mengukuhkan AOSI.

Skeitar 15 perusahaan dan penggiat Open Source terdaftar sebagai pendiri AOSI. Di antaranya adalah Yayasan Air Putih, PT IBM Indonesia, Sun Microsystems Indonesia, GudangLinux, Jatis Solutions Ecom, Yayasan Penggerak Linux Indonesia dan organisasi lainnya.

"Dulu, Open Source hanya sebagai organisasi tanpa bentuk. Namun, dengan adanya asosiasi ini, komunitas Open Source Indonesia dapat menjalankan rumus 3C Menkominfo, yakni Community, Communication, Commerce," Dirjen Aplikasi dan Telematika, Depkominfo, Cahyana Ahmadjayadi mengatakan dalam sambutannya.

Menkominfo Mohammad Nuh mengatakan, setelah IGOS Summit 2 memang ada semangat melembagakan penguasaan dan pengembangan Open Source di tanah air. "Dari yang dulunya sendiri-sendiri, sekarang mulai membutuhkan seorang leader. Maka ditunjuk dan dibikinlah Duta Open Source dan AOSI ini," ujar Nuh.

Keanggotaan AOSI ini menurut Betty terbuka bagi organisasi manapun. Syaratnya, institusi itu merupakan pendukung Open Source. Betty mengatakan ini termasuk institusi pembuat produk Open Source maupun pengguna.

Nantinya, AOSI ingin membuat standar acuan untuk pelatihan Open Source di Indonesia. Sedangkan saat ini AOSI masih menyusun Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga serta kelengkapan dokumentasi.



Washington
- Cukup dengan menggerakkan ujung lidah, seseorang yang memiliki kekurangan secara fisik dapat menjalankan kursi roda, bahkan mengoperasikan komputer. Wow!!

Ini semua berkat kehadiran sebuah alat yang dikembangkan para peneliti di Georgia Institute of Technology. Alat ini menggunakan sebuah magnet mungil, seukuran butiran beras. Orang yang menyandang kelumpuhan dapat mengoperasikan kursor di layar komputer atau mengendalikan kursi roda untuk berkeliling ruangan. Alat ini ditanamkan di bagian bawah lidah.

Sebuah headset dengan sensor medan magnet mendeteksi gerakan magnet di lidah, kemudian memancarkan sinyal nirkabel ke komputer portable, yang diletakkan di pakaian pengguna atau kursi roda.

"Kami memilih lidah untuk mengoperasikan sistem ini, karena tak seperti tangan dan kaki yang dikendalikan oleh otak melalui tulang belakang, lidah secara langsung dihubungkan ke otak oleh saraf tengkorak sehingga terhindar dari kerusakan akibat penyakit tulang belakang atau cedera otot," jelas Maysam Ghovanloo, asisten profesor yang membantu proyek ini.

Selain itu pergerakan lidah juga cepat, akurat, dan tidak perlu banyak berpikir, konsentrasi atau usaha keras untuk menggerakkannya.

Para peneliti mengklaim, komputer dapat diprogram untuk memahami gerakan-gerakan khusus lidah, yang dilakukan tiap-tiap pengguna. Masing-masing individu dapat melatih sistem untuk memahami sentuhan di tiap-tiap gigi sebagai perintah yang berbeda.