Senin, 30 Juni 2008



Jakarta
- Lembaga ICANN dan IANA, yang mengatur nama domain dan alamat Internet Protocols (IP) di dunia, ternyata tak rentan serangan dedemit maya. Situs keduanya pun sempat dibobol dan dijahili.

International Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dan Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah dua lembaga boleh dibilang 'paling berkuasa' di internet. IANA mengatur Domain Name Server paling dasar (DNS Root) dan pengalamatan Internet Protocol (IP addressing). Sedangkan ICANN mengawasi distribusi nama domain dan alamat internet.

Dari The Register, Senin (30/6/2008), situs kedua lembaga itu dibajak pihak tak dikenal pada Jumat (27/6/2008). Selama kurang lebih 20 menit, situs kedua lembaga itu dialihkan ke situs lain yang menampilkan pesan berikut: "You think that you control the domains but you don't! Everybody knows wrong. We control the domains including ICANN! Don't you believe us?"

Zone-H.org, situs yang mencatat aksi deface di internet, menyebut aksi itu dilakukan oleh kelompok bernama 'NetDevilz'. Kelompok itu diduga berasal dari Turki.

Situs yang diserang termasuk icann.com, icann.net, iana.com dan iana-servers.com. Kelompok itu, menurut Zone-H, mengubah data DNS pada semua situs itu.

Tidak diketahui metode apa yang digunakan dalam aksi tersebut. Namun Zone-H berspekulasi mereka memanfaatkan metode cross-site scripting (XSS).



Jakarta - Steve Ballmer sudah menjabat sebagai Chief Executive Operation Microsoft Corp. selama sekitar 8 tahun. Namun dalam masa jabatannya tersebut pria pelontos ini selalu didampingi sang pendiri Microsoft, Bill Gates.

Kini, sepeninggal Gates, banyak pertanyaan pun muncul dari para penggiat industri teknologi informasi. Mampukah Ballmer melepaskan diri dari bayang-bayang Gates serta membawa Microsoft kian meraksasa?

Analis dari perusahaan investasi D.A. Davidson, Alan Davis mengatakan, tekanan yang cukup berat pastinya bakal menghinggapi pundak Ballmer. Apalagi pria 52 tahun itu, selama ini kerap disebut-sebut sebagai tangan kanan Gates di Microsoft.

"Tekanan itu pasti ada," ujar Davis singkat.

Gates pertama kali membawa Ballmer ke Microsoft sekitar 3 dekade lalu. Pertemanan mereka sendiri pertama kali terjadi ketika sama-sama menimba ilmu di Harvard University. Bahkan keduanya merupakan teman sekamar.

Namun secara pribadi keduanya memiliki sifat yang bertolak belakang. Gates dikatakan lebih tertutup dengan lingkungan, dengan lebih suka menghabiskan malam untuk mengulik programming. Sedangkan Ballmer merupakan pribadi yang suka berinteraksi dengan lingkungan, seperti banyak terlibat di kegiatan-kegiatan kampus.

Ballmer selama ini dikenal piawai dalam kemampuan manajemen dan bisnisnya. Sebab, setelah lulus dari Harvard, ia juga pernah menimba ilmu di Stanford University Business School selama setahun.

Michael Silver, analis dari Gartner bahkan mendeskripsikan Ballmers sebagai pemimpin yang mempunyai kemampuan manajemen yang 'menakutkan'. Meski demikian, kredit khusus patut diberikan kepada Ballmer sebagai seorang pendengar yang baik.

"Steve seorang yang cemerlang, tangguh dan marketing yang piawai. Secara pribadi ia juga mengesankan," puji Silver.

Kemampuan inilah yang membawa Ballmer mulai mengisi kursi penting di Microsoft ketika menjabat sebagai presiden perusahaan di tahun 1998. Tak lama berselang, ia selanjutnya menggantikan posisi Gates sebagai CEO di tahun 2000 hingga sekarang.

Namun kini, Ballmer tak lagi didampingi Gates untuk menjalankan Microsoft. Pun demikian, Ballmer tak sendiri. Masih banyak orang-orang pintar di Microsoft yang siap mendukungnya. Seperti Ray Ozzie yang menjabat Chief Software Architect serta Craig Mundie, Chief Research & Strategy Officer Microsoft.


Redmon, Washington - Microsoft akan menghentikan penjualan sistem operasi Windows XP-nya bagi retail dan produsen-produsen komputer besar hari Senin. Langkah ini ditempuh Microsoft di tengah hujan protes yang dilayangkan pengguna PC yang menolak beralih ke suksesor XP, Vista.

Komputer-komputer yang berbasis XP sudah tidak tersedia lagi di stok produsen PC seperti Dell, Hewlett-Packard. Bagi konsumen yang keukeuh menggunakan sistem operasi lama di komputer baru, harus membeli Vista Ultimate atau Vista Business dan kemudian secara legal men-downgrade ke XP.

Meski demikian, Microsoft masih mengizinkan outlet-outlet PC kecil untuk membeli XP dan menjualnya kembali hingga akhir Januari. Versi XP ini juga masih akan tersedia bagi PC berharga miring seperti Asus Eee PC.

Kelompok konsumen yang bergabung dalam petisi "Save XP" menyerukan kepada Microsoft untuk tetap menjual XP hingga sistem operasi berikutnya, Windows 7 tersedia.



Jakarta
- Aktor cebol Verne Troyer menuntut situs selebriti TMZ.com dan beberapa pihak lain terkait penyebaran video seks di internet. Ia mencari ganti rugi hingga sebesar USD 20 juta dari para tertuduh.

Troyer tampil dalam sebuah video seks bersama mantan kekasihnya Renae Shrider. Menurut Troyer video itu dicuri dan ditampilkan ke publik untuk mendiskreditkan dirinya.Aktor yang berperan sebagai 'Mini-Me' dalam film-film 'Austin Powers' itu menuntut situs TMZ.com, produser bernama Kevin Blatt dan distributor film SugarDVD.

Video seks tersebut ditampilkan di situs TMZ pada Rabu (25/6/2008). Aktor yang baru-baru ini berperan di film 'Love Guru' itu mengatakan baru tahu bahwa video seksnya beredar di kalangan luas setelah ditampilkan di TMZ.



Australia
- Wanita Australia rupanya makin permisif soal pemanfaatan internet dalam kehidupan seksual mereka. Dalam sebuah survei, satu dari lima wanita Australia mengaku punya pengalaman seks di chatroom internet.

Setidaknya, itulah yang diungkap penulis terkemuka negeri itu, Joan Sauers dalam buku barunya 'Sex Lives of Australian Women'. Menurut Sauers, wanita Australia telah jadi bagian dalam revolusi seks di dunia cyber.

Sauers melakukan survei online intensif dalam rangka riset bukunya itu. Dia bertanya tentang kehidupan seksual para wanita Australia.

Beberapa responden yang ditanya mengemukakan, aktivitas seks di dunia maya itu menyenangkan, tanpa rasa bersalah dan aman karena tidak ada risiko hamil. Meski demikian, masih lebih banyak wanita yang menganggap pengalaman seks di dunia maya itu tidak menyenangkan.Temuan lainnya cukup mengejutkan. Pasalnya, 22 persen wanita berusia 20 tahunan dan 20 persen yang berusia 30 tahunan mengaku pernah beraksi dalam video seks. Beberapa bahkan mengaku menikmatinya.

Selain di dunia maya, ponsel juga jadi perangkat utama dalam kehidupan seks wanita Australia ini, utamanya yang masih muda. Sebanyak 70 persen wanita yang berumur 20 tahun mengaku terlibat dalam pengiriman SMS mesum.


Jakarta - Microsoft sudah memiliki rencana strategis untuk meneruskan produk sistem operasinya. Setelah menggeber Windows Vista di 2007, raksasa software ini pun sudah menyiapkan suksesor Windows selanjutnya, Windows 7.

Bocoran kapan Windows 7 bakal dilepas ke pasaran juga sudah digulirkan oleh Wakil Presiden Microsoft Bill Veghte, yakni sekitar tiga tahun setelah 'kelahiran' Vista.

Veght mengatakan hal tersebut dalam suratnya kepada para partner dan kustomer bisnis Microsoft. Dalam surat bertajuk 'Windows Radmap' tersebut, Veghte mengatakan, "kami merencanakan untuk mengantarkan Windows 7 sekitar 3 tahun setelah Januari 2007, yang merupakan waktu peluncuran Windows Vista."

Dengan demikian, secara implisit bisa ditarik kesimpulan bahwa pada Januari 2010 lah penerus dinasti Windows selanjutnya -- Windows 7 -- bakal dilepas ke pasaran.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan proses migrasi dari Windows Vista ke Windows 7 berjalan dengan lancar," tandasnya.

Sabtu, 28 Juni 2008



Jakarta
- Adalah Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban. Inspirasinya tentu dari Kuda Troya yang digunakan bangsa Yunani untuk mengalahkan bangsa Troya dan mengambilalih kota Troya.



Beijing
- Microsoft membantah perusahaannya tersandung kasus hukum lagi. Raksasa software ini juga menampik kalau pihaknya tengah diselidiki otoritas China terkait monopoli pasar.

Berbagai media ramai memberitakan bahwa lembaga State Intellectual Property Office China (SIPO) tengah menginvestigasi Microsoft terkait posisinya sebagai pemimpin pasar software di negeri tirai bambu itu.

Lebih lanjut, Microsoft disebut-sebut menaikkan harga software Windows maupun Office agar bisa mengeruk laba bersamaan dengan digiatkannya pemakaian software legal di China.

"Tidak seharusnya sebuah perusahaan internasional memanfaatkan posisi monopolinya untuk menjual software dengan harga tinggi dan bersamaan dengan itu, mengkritik kesadaran orang China terhadap hukum hak cipta," demikian pernyataan dari sumber otoritas China.

Untuk diketahui, China memang sering dikritik karena tingginya pembajakan software. Lembaga Business Software Alliance (BSA) menyatakan bahwa sekitar 80 persen software yang dipakai di sana adalah ilegal.

Kabar simpang siur ini pun dibantah oleh SIPO melalui situs resminya. Mereka menyatakan tidak sedang menyelidiki Microsoft. Adapun pihak Microsoft sendiri juga mengaku belum mengetahui adanya penyelidikan tersebut.



Jakarta
- Para pakar keamanan internet memperingatkan tentang adanya lubang baru di Internet Explorer versi 6 (IE 6). Celah di browser besutan Microsoft tersebut membuat pengguna dapat diserang dedemit maya sewaktu-waktu.

US Computer Emergency Response Team (US-CERT) mengatakan, jika cracker berhasil memanfaatkan lubang tersebut, mereka dapat menyelinap masuk dan mencuri data tanpa diketahui pengguna.

Perusahaan antivirus McAfee pun memberikan peringatan serupa dengan US-CERT. Yichong Lin, peneliti dari McAfee mengatakan, lubang tersebut diketahui pertama kali disingkap dengan sebutan 'pstzine'.

Meski demikian, browser lain semisal Internet Explorer 7 dan Firefox dikatakan dapat menangkal serangan akibat celah ini.

Sementara bagi IE 6, baik US-CERT dan McAfee sama-sama menyarankan pengguna internet untuk melakukan upgrade agar keamanan berinternet pengguna lebih terjamin.



Jakarta
- AMD membuat terobosan dalam komputasi visual. Yakni, meluncurkan chip grafis teraflop pertama di dunia lewat ATI Radeon HD 4850 dan kartu grafis pertama di dunia yang mengusung memori dengan bandwith sangat besar, GDDR5, ATI Radeon HD 4870.

"ATI Radeon 4800 series menunjukkan performa 2 kali lebih baik dibandingkan ATI Radeon HD 3800 GPU, peningkatan terbesar sejak peluncuran Radeon 9700 yang menghadirkan revolusi game pada 2002," kata Dommy Arnanta, Country Manager AMD Indonesia dalam rilisnya.

ATI Radeon 4800 series, lanjut Dommy, menciptakan standar industri yang baru seperti performance-per-watt, performance-per-mm2 of chip die size, dan performance-per-dollar.

Kelt Reeves, presiden Falcon Northwest mengatakan, dalam performa, ATI Radeon HD 4850 dan ATI Radeon HD 4870 menjadi ancaman serius kartu grafis lain dengan harga setara, serta lebih hemat energi dan fan noise yang sangat rendah.

ATI Radeon HD 4870 dijual dengan harga ritel sekitar US$ 299. Menunjukkan kekuatan komputasi visual 1.2 teraflop, stock GPU Core dengan clock speed 750 MHz, memori GDDR5 512 MB 36 Gb/detik dan hadir dengan konfigurasi dual-slot PCI Express dengan daya maksimal 160 watts.

Sementara ATI Radeon HD 4850 dibanderol dengan harga ritel sekitar US$199. Produk ini diklaim sebagai chip grafis teraflop 800 core pertama di dunia, stock GPU core dengan clock speed 625 MHz, memori GDDR3 512 MB 2 GB/detik dan hadir dalam konfigurasi single-slot PCI Express 2.0 dengan energi maksimal board sebesar 110 watt.

Antusiasme kalangan industri dengan hadirnya ATI Radeon HB 4800 dibuktikan dengan bergabungnya sekitar 12 perusahaan yang berbeda dalam AIB (Add-In-Board)-rekor baru bagi AMD-, yakni VisionTek, ASUS, PowerColor, MSI, GIGABYTE, GECUBE, Force3D, SAPPHIRE Technology, Diamond Multimedia, Club 3D, HIS (Hightech Information Systems) dan Palit Multimedia.

Jumat, 27 Juni 2008



Jakarta
- Seorang ilmuwan Amerika keturunan Iran mengaku bersalah telah membawa piranti lunak nuklir ke Iran. Ini terjadi di tengah kecurigaan AS bahwa Iran mengembangkan senjata nuklir.

Ilmuwan bernama M. Reza Alavi itu mengaku bersalah demi meringankan hukumannya. Ia sebelumnya telah divonis bersalah melakukan akses ilegal pada komputer, kemudian ia didakwa melanggar embargo dagang AS terhadap Iran.

Hukuman dari dakwaan ganda itu bisa menjebloskan pria berusia 50 tahun itu ke penjara hingga maksimal 15 tahun. Namun dengan mengaku bersalah, penuntut akan membatalkan tuduhan pelanggaran embargo.

Alavi sebelumnya bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Palo Verde, Arizona.Pada tahun 2006 ia keluar dari PLTN itu dan pulang ke Iran membawa laptop yang mengandung piranti lunak dari PLTN.

Piranti lunak tersebut tidak terkait dengan pembuatan senjata nuklir, melainkan piranti lunak pelatihan. Alevi ditahan pada tahun 2007 ketika ia kembali ke Amerika Serikat demi menghadiri ulang tahun anaknya.

Kasus Alavi menyeruak karena hubungan AS dengan Iran sedang tegang seputar tudingan AS bahwa Iran mengembangkan senjata nuklir. Negara yang memiliki salah satu cadangan minyak berlimpah di dunia itu berkali-kali mengelak tudingan AS dan mengatakan hanya mengembangkan nuklir untuk kepentingan sipil.



Jakarta
- Sepertinya Microsoft memang tak kenal menyerah, meski telah ditolak, langkahnya untuk menggaet Yahoo tak pernah surut. Menurut surat yang dikirimkan Yahoo kepada para pemegang sahamnya, Microsoft menawar bisnis Yahoo Search senilai USD 1 miliar.

Selain itu Microsoft juga menawarkan investasi senilai USD 8 miliar, tapi dengan syarat Yahoo harus terikat secara eksklusif dengan Microsoft selama 10 tahun dalam keseluruhan bisnis search.

Hal itu disebut dalam surat itu juga akan memberi Microsoft hak veto dalam menentukan masa depan Yahoo. Yahoo menilai tawaran ini akan merugikan Yahoo.

Surat terbuka Yahoo kepada pemegang sahamnya itu agaknya dimaksudkan agar pemegang saham tetap setia dengan susunan direksi Yahoo yang ada saat ini. Pada 1 Agustus 2008 Yahoo direncanakan akan menggelar rapat pemegang saham tahunan.

Di antara pemegang saham mulai ada gerakan untuk menggantikan dewan direksi Yahoo saat ini. Gerakan yang disponsori investor Carl Icahn itu dipicu oleh keinginan sebagian pemegang saham agar Yahoo dijual ke Microsoft.

Kamis, 26 Juni 2008

Frozen ( Delain )



Jakarta
- Dengan tombol shortcut di browser Internet Explorer 7 (IE7), yakni dengan menekan kombinasi tombol yang ada di keyboard, waktu dalam menjelajahi internet semakin efektif. Shortcut memungkinkan kita lebih cepat memanggil fungsi-fungsi yang ada di IE7.

Berikut ini beberapa shortcut yang berhubungan dengan tabs di IE7 untuk mempercepat browsing,

1. Ctrl+click: membuka link dalam sebuah tab baru.
2. Ctrl+t: membuka sebuah tab kosong.
3. Ctrl+tab: untuk berpindah dari satu tab ke tab lain.
4. Ctrl+shift+tab: berpindah dari satu tab ke tab lain dengan arah kebalikan dari Ctrl+tab.
5. Ctrl+w: menutup tab yang sedang dibuka.
6. Ctrl+q: membuka tab dalam tampilan thumbnail
7. Ctrl+n: membuka window browser baru
8. Klik link dengan scroll mouse: membuka link dalam sebuah tab baru.
9. Klik tab dengan scroll mouse: menutup tab yang sedang dibuka.



Jakarta
- Untuk mempercantik tampilan Windows, MS Style bisa menjadi salah satu solusinya. Ms Style adalah semacam add-ons/theme yang dibuat oleh Microsoft untuk mengubah tampilan (theme) Windows.

Ada banyak situs yang menyediakan file Ms Style yang cantik dan menarik. Salah satunya adalah studiotwentyeight.com. Melalui situs ini, Anda dapat mendownload wallpaper terbaik dengan kualitas gambar yang sangat baik (High Quality Wallpaper), icon-icon pengganti icon standar windows dan yang pasti Anda bisa mendownload file-file Ms Style.

Untuk dapat mempercantik tampilan Windows dengan menggunakan Ms Style, Anda membutuhkan software UXTheme Multi-Patcher (Neowin Edition) 4.0.

Berikut caranya:

1. Download dan instal UXTheme Multi-Patcher (Neowin Edition) 4.0
2. Restart komputer.
3. Download file Ms Style yang Anda inginkan di www.studiotwentyeight.com
4. Extract file Ms Style ke C:\Windows\Resource\Themes
5. Buka Display Properties > Appearance > Windows and Button
6. Pilih theme Ms Style yang Anda inginkan dan klik tombol Apply.

Selamat mencoba!



Jakarta
- Bagi pengguna Firefox yang ingin menambah kecepatan browser, metode-metode berikut ini bisa dicoba,

Metode 1:
  1. Buka browser Mozilla Firefox.
  2. Ketik 'about:config' pada address bar, lalu tekan enter.
  3. Turunkan halaman sampai Anda menemukan kalimat 'browser.tabs.showSingleWindowsModePrefs', lalu double klik sehingga settingannya menjadi 'true'.
  4. Turunkan lagi halaman Firefox sampai Anda menemukan baris berbunyi 'network.http.pipelining', lalu double klik sehingga settingannya juga menjadi 'true'.
  5. Terakhir, turunkan lagi halaman Firefox dan carilah baris yang berbunyi 'network.http.pipelining.maxrequests', lalu double klik. Anda akan disuguhi sebuah window pop up. Ubahlah angka di pop up itu menjadi 60. Kemudian tekanlah 'Ok'.
  6. Tutup Firefox lalu coba buka kembali. Jika tidak ada masalah, Firefox Anda akan terbuka 10-40 persen lebih cepat daripada sebelumnya dengan langkah-langkah seperti di atas.
Metode 2:

Langkah mujarab lain untuk meningkatkan kecepatan Firefox adalah dengan menggunakan add-on untuk Firefox bernama FasterFox. FasterFox ini membuat pemakaian bandwidth lebih efektif sehingga bisa mempercepat performa Firefox. Anda bisa mendownload FasterFox di alamat: http://fasterfox.mozdev.org.



Malang
- Roadshow Linux untuk pendidikan menyambangi kota Malang. Roadshow di kota ini disambut hangat dengan peserta membludak melebihi target, beberapa peserta bahkan rela tidak mendapatkan tempat duduk untuk hadir di acara ini.

Latar belakang peserta juga bermacam-macam, mulai dari pendidik, mahasiswa, komunitas open source, sampai orang yang ingin tahu open source. Momen ini juga menghasilkan beberapa kesepakatan bersama untuk menggalakkan FOSS di Malang

Berikut adalah laporan pandangan mata dari acara 'Roadshow Linux Untuk Pendidikan di Kota Malang'. Suasana di perpustakaan kota Malang, yang terletak di jalan yang paling mentereng di kota Malang, Jalan Ijen, Sabtu 14 Juni lalu ramai. Ada yang berbeda di hari itu, selain pengunjung rutin perpustakaan, beberapa orang nampak antre di meja pendaftaran di satu sudut perpustakaan.

Orang-orang ini sedang daftar ulang untuk acara Roadshow Linux yang dihelat di pagi itu. Tercatat ada 110 orang yang mendaftar ke Koran Pendidikan (KP), panitia lokal kegiatan ini, padahal tempat yang disediakan 100 kursi. Menjelang acarapun, masih ada beberapa orang yang daftar.

Menurut Mas Bukhin, Ketua Panitia Lokal Roadsow Linux di Kota Malang, pihaknya membuka pendaftaran dengan menggunakan berbagai media untuk memudahkan peserta. Ada formulir pendaftaran langsung di kantor KP, lewat email, telpon dan SMS. "Bahkan ada peserta yang mengirim SMS dengan kata reg spasi, kayak kuis-kuis di televisi," cerita dia sambil tertawa.

Peserta paling banyak adalah mahasisiwa dan guru, mulai tingkat SD sampai SMA. Peserta tidak hanya berasal dari Malang Raya: Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, tapi ada juga yang datang dari Yogyakarta. Panitia lokal sepenuhanya dipegang oleh KP, tapi beberapa penggiat open source juga ikut andil, salah satunya Kolam (Komunitas Linux Arek Malang).

Peserta masuk ke ruangan dengan membawa, materi, majalah Info Linux dan CD Video Tutorial dari Kolam. Live CD BlankOn 3.0, disediakan oleh penggiat Linux sekaligus guru SMA Negeri 3 Malang, Wibisono Wardhono. Telat setengah jam dari waktu yang ditentukan, acara roadshow linux untuk pendidikan akhirnya dimulai. Ruangan berkapasitas 100 orang itu nampak penuh.

Jalannya Acara

Tanpa sambutan, acara langsung digeber dengan pengenalan logika open source oleh Ahmad Suwandi dari AirPutih. Wandi, mengawali dengan analogi penjiplak skripsi dan pemalsu jam, meskipun keduanya sama-sama mencontek, ada hal-hal yang berbeda. Dari analogi ini Wandi menarik benang merah ke prinsip open source, yakni Freedom to learn, Freedom to use, Freedom to share dan Freedom to modify.

Pengenalan ini perlu, karena banyak peserta yang belum kenal dengan open source. Setelah Wandi, giliran M. Salahuddien yang juga berasal dari AirPutih membawakan materi yang kedua, FOSS (Free and Open Source Software) untuk pendidikan. Sebelum masuk ke FOSS untuk pendidikan, Didin -- sapaan akrabnya -- menjelaskan perbedaan antara FOSS dan Propertiery. "Siapa bilang dengan propertiary hanya mengeluarkan biaya sekali untuk selamanya, anda harus membayar update. Kalau ada pengembangan software, biasanya anda juga harus meng-upgrade komputer anda. Itu biaya lagi," ujar Didin.

Saat masuk ke materi FOSS untuk pendidikan, Didin menyoroti kesalahan yang sering terjadi saat mengajar, mengenalkan produk bukan subtansi. "Guru lebih sering mengenalkan Windows, bukan mengenalkan sistem operasi," paparnya. Tak hanya itu, menurut Didin dengan menggunakan software 'berpemilik' akan menciptakan ketergantungan. Pada saat yang sama, lelaki berkacamata itu itu juga membangkitkan para guru, untuk memberanikan para murid berkiprah di dunia teknolgi informasi, karena dengan TI bisa mengejar ketinggalan bangsa Indonesia.

Walaupun sudah masuk ke materi kedua, peserta masih saja bertambah. Tampak beberapa orang di bagian belakang tidak kebagian kursi. Panitia pun menambah kursi yang tersedia. Materi lalu berlanjut ke sesi ketiga. Materi FOSS untuk kurikulum dibawakan oleh Guru SMA Negeri 3 Malang, Wibisono Wardhono.

Ia mengawali sesi-nya dengan contoh guru yang menjelaskan penghormatan terhadap hak cipta tapi dengan software bajakan, "Itu pengalaman saya sendiri," kata dia sambil tertawa. Tak ingin mengulang kesalahan yang sama, saat ini dia selalu menggunakan FOSS. Pada materi ini, guru muda juga itu mencontohkan betapa banyak FOSS yang bisa diajarkan ke murid.

Wibi juga menjelaskan alternatif-alternatif FOSS untuk mengganti program propertiary yang kebanyakan di sekolah adalah bajakan, seperti Open office, Inkscape dan Gimp. Tidak ingin berjalan sendiri, di depan peserta Wibi mengajak guru untuk memaksimalkan forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) untuk memajukan pengajaran berbasiskan FOSS.

Setelah rehat, sesi berikutnya adalah sesi demo FOSS, dalam jadwal adalah teman-teman dari Universitas Brawijaya akan mendemokan distro Kuliax, tapi karena ada kesalahan teknis maka materi itu diganti dengan pengenalan OS buatan negeri sendiri, BlankOn 3.

Komunitas Linux Kota Mlang juga ikut tampil, mereka menjelaskan apa yang ada di CD demo mereka. Selain itu, komunitas yang berkantor di warnet berbasis linux ini menegaskan mereka siap membantu siapa saja yang ingin kenal lebih jauh dengan linux.

Sesi terakhir adalah sesi diskusi panel, semua pemateri hadir ke depan dan menjawab semua pertanyaan yang ada. Secara garis besar ada dua tipikal pertanyaan, yang pertama adalah mereka mempertanyakan tindak lanjut dari acara roadshow ini dan yang kedua adalah hal-hal teknis, seperti apakah Linux bisa membaca file program berbayar, lalu program linux apa yang bisa mengganti beberapa jenis progaram berbayar.

Pertanyaan dan keinginan peserta yang hadir menciptakan beberapa kesepakatan bersama diantara semua pihak yang hadir. Diantaranya adalah Koran Pendidikan akan memfasilitasi pertemuan pihak sekolah dengan penggiat linux di Malang.

Lalu rencana pertemuan antara pihak mahasiswa di Malang baik dari Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dengan penggiat linux di Malang untuk menggugah kesadaran ber-FOSS di tingkat mahasiswa. Selain itu juga ada kesepakatan untuk pendampingan ke sekolah yang ingin menggunakan FOSS dalam proses belajar mengajar. Viva FOSS!



Jakarta
- Video lagu bintang pop Avril Lavigne bakal merajai YouTube. Pasalnya, video lagu berjudul 'Girlfriend' itu kini telah berada di posisi kedua video yang paling banyak dilihat di YouTube.

'Girfriend', single pertama dari album 'Best Damn Thing' tercatat telah dilihat sekitar 89 juta kali di YouTube. Sementara di posisi puncak yakni video 'Evolution of Dance' hanya unggul dengan terpaut sekitar satu juta hit.

Namun sejumlah keraguan muncul tentang adanya rekayasa sehingga video Avril itu bisa sedemikian populer. Apalagi ada sebuah situs penggemar yang bisa secara otomatis menambah jumlah hit video itu.

Seperti dikutip detikINET dari Stuff, Kamis (26/6/2008), pembesut situs itu berusaha menggalang dukungan agar video Avril bisa segera menjadi yang nomor satu di YouTube.

Namun usaha ini bisa terganjal. Pasalnya, YouTube punya kebijakan ketat yang melarang pemakaian sistem untuk meningkatkan jumlah hit. Pernah video bertajuk 'Music Is My Hot Hot Sex' dihapus meski mencapai posisi puncak karena adanya pelanggaran macam itu.

Bulan Agustus menjadi bulan penuh konser bagi promotor Java Musikindo. Bagaimana tidak, band beraliran rock alternative asal Amerika, The Used, bakal manggung di Jakarta, 13 Agustus mendatang.


Mengambil tempat di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, kehadiran The Used yang beranggotakan Bert McCracken [vokal], Quinn Allman [gitar], Jeph Howard [bass] dan Dan Whitesides [drum] dan sukses menelorkan tiga album ini, memang sudah ditunggu-tunggu para penggemarnya.

Apalagi, kehadiran The Used menambah ramainya konser-konser JAVA, yang diawali dengan JAKARTA JAM! dengan penampilan Andra & the BackBone, New Found Glory, Simple Plan pada Kamis, 31 July 2008 (DAY 1) serta Melanie Subono, LostProphets, One Republic pada Jum’at, 1 Agustus 2008 (DAY 2).

Selain itu, pada bulan yang sama, JAVA Musikindo juga akan menghadirkan Panic At the Disco yang akan dibuka oleh band asal Bandung The Changcuters pada Minggu, 17 Agustus 2008.



Let's Rock!!!



Jakarta
- Sebuah video game yang memungkinkan penggunanya bebas menciptakan animasi-animasi, ternyata justru disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil untuk menciptakan animasi berbau seksual.

Video game yang dinodai dengan animasi-animasi berbau seksual ini bertajuk 'Spore Creature Creator'. Game tersebut merupakan pembuka dari game Spore yang akan dirilis September ini. Dalam game besutan Will Wright ini, gamer bisa leluasa membuat makhluk-makhluk ciptaan sendiri dengan berbagai anggota tubuh, warna, bentuk, dan ukuran.

Sayangnya, ada tangan-tangan jahil yang justru memodifikasi game ini untuk membuat animasi bertema dewasa, yang dijuluki 'Sporn', kependekan dari 'Spore Porn'.

Dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (26/6/2008), berawal dari lelucon yang diposting Tim Edwards, wakil editor PC Gamer Inggris. Ia membuat sebuah gambar yang diberi nama 'penis Spore pertama dunia' di situs majalah tersebut.

Ternyata guyonan ini mendapat sambutan dari editor PC Gamer AS, Kristen Salvatore, yang membuat gambar menyerupai sepasang payudara besar, yang diberi nama 'Boobalicious'.

Pihak publisher Spore, Electronic Arts, telah memperingatkan penggunanya tentang adanya gambar-gambar berbau seksual itu. Namun, dalam tempo 48 jam setelah pengumuman tersebut, pengguna lain telah meng-upload lebih banyak animasi porno di Youtube. Meski telah dienyahkan dari Youtube, tapi tetap saja masih banyak animasi porno yang bertebaran.

Meski demikian, menurut penuturan produser eksekutif Spore Lucy Bradshaw, pengguna tetap dapat memblokir 'Sporn' agar tidak muncul di game mereka.

The Winter Storm



Seorang cewek berasal dari Finlandia....seorang penyanyi sopran yg udah banyak dikenal orang,khususnya pecinta band Nightwish.............yups,dia Tarja Turunen.......setelah hengkang dari bandnya dulu Nightwish....kini Tarja Turunen merilis debut album solonya....awal dia merilis debut albun solonya sendiri dimulai pada tahun 2006,gak lama setelah dia hengkang dari Nightwish.....single yg dikeluarkan pada tahun 2006 ini jg mendapat respons yg cukup meriah dari kalangan pencinta musik Gothic......tp pada tahun 2006 itu sendiri,Tarja ( panggilan akrab Tarja Turunen ) albumnya kurang menggebrak dunia musik Gothic,karena nuansa musik yg dihadirkan oleh Tarja pada album ini masih terkesan orkestranya,dan jg masih terdengar kalem......tp 1 tahun berselang,Tarja Turunen kembali menggebrak dunia musik Gothic.......cewek yg khas dengan suara soprannya ini kembali mengeluarkan album solonya yg bertajuk ' My Winter Storm '..........banyak single-single yg meledak di pasaran....sebut saja single ' I Walk Alone ',' Sing For Me ' dan masih banyak yg lainnya..dan sampai sekarang pun,Tarja Turunen masih menggelar konser yg sangta besar di negara-negara Eropa pada khususnya...........My Winter Storm

Rabu, 25 Juni 2008



Jakarta
- Google kembali menghalang-halangi akses situs departemen keuangan dari mesin pencarinya. Situs yang beralamat di www.depkeu.go.id ini lagi-lagi dicurigai disusupi program jahat.

Padahal tak beberapa lama berselang, hubungan keduanya sudah dilaporkan 'rujuk' yang ditandai dengan pencabutan tanda peringatan dari Google.

Namun ketika detikINET melakukan pengamatan pada Senin (16/6/2008), tanda peringatan dari Google tersebut kembali muncul ketika pengguna internet mencoba mencari situs Depkeu dari Google.

Menurut analisa 'Safe Browsing' Google, dari 118 halaman yang diuji pada server depkeu.go.id selama 90 hari terakhir terdapat dua halaman yang mengandung program jahat yang bisa menginfeksi komputer pengunjung secara diam-diam. Google melakukan pengujian tersebut pada 16 Juni 2008.

Dan sama seperti kejadian sebelumnya, program jahat tersebut diduga berasal dari situs China, yaitu killpp.cn, 07n9.cn dan heihei117.cn. Selain itu Google juga mendeteksi adanya domain qiqicc.cn yang berfungsi sebagai perantara penyebaran.



China
- Seorang cracker membobol sebuah situs pemerintahan dan menyebarkan rumor tentang gempa susulan. Motivasinya, sekadar memamerkan keterampilan komputernya dan bersenang-senang.

Pemuda yang memiliki nama keluarga Chen tersebut, mengaku telah membobol situs pemerintahan Guangxi yang menangani masalah gempa bumi. Pengumuman tentang masa berkabung korban gempa bumi berkekuatan 8 skala richter di situs ini diubahnya menjadi peringatan tentang adanya gempa bumi susulan.

"Bersiap-siaplah untuk menghadapi gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 9 skala richter di Guangxi," demikian informasi palsu yang disebarkannya, seperti dikutip detikINET dari Xinhuanet, Senin (16/6/2008).

Selain itu cracker lulusan SMP yang bekerja di sebuah perusahaan teknologi ini juga menghapus semua data asli yang terdapat di situs tersebut.

Untungnya, admin situs pemerintah ini menyadari aksi penyusupan yang terjadi. Ia juga diam-diam melakukan pelacakan terhadap si pelaku dan berhasil membongkarnya. Walhasil, Chen pun dibekuk polisi.

Ironisnya, ketika ditanya pihak berwajib, Chen mengaku mengacak-acak situs pemerintah hanya untuk memamerkan keterampilan komputernya sekaligus bersenang-senang.



Jakarta
- Virus lokal baru kembali menunjukkan taringnya. Menyamar sebagai icon Winamp dengan nama file memakai judul lagu, virus ini menitipkan pesan di komputer korban untuk tidak buka celana. Keterangan resmi Vaksincom yang dikutip detikINET, Kamis (19/6/2008) melansir, virus tersebut terdeteksi sebagai Worm: W32/VBWorm.PXJ. Waspadalah jika di komputer Anda muncul pesan aneh yang berbunyi seperti ini: "Bagi yang merasa gila hubungi SpongeBob Squerpant.... :-P" Pesan itu akan muncul sebelum login ke Windows. Ini adalah salah satu ciri khas virus ini. Ciri lainnya, akan muncul pesan error setiap kali korban membuka file/aplikasi Microsoft Office, korban diminta untuk menginstal ulang Office. W32/VBWorm.PXJ dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Virus berukuran 69 KB dan berekstensi .exe ini menggunakan icon Winamp untuk mengelabui korban. Nama filenya menggunakan judul lagu, agar korban tak tahu bahwa file itu adalah virus. Nama file yang digunakan antara lain: klip_Rossa, klip_Peterpan_Menghapus_jejakmu atau R@dja-Patah hati. Jika terinfeksi, VBWorm.PXJ akan membuat file bernama "VM-Satria F150.htm" di setiap root Drive dan jika file tersebut dijalankan maka akan muncul pesan sebagai berikut: Buka mata... buka telinga asal jangan buka celana... Kenapa harus membenci ilmu pengetahuan??? Aku tidak jahat, kejahatan ku karena aku menuangkan ilmu dalam bentuk program alias aku lebih pintar dari pada kalian... Umurku baru 6 tahun lo.. Selain memblok fungsi Windows, VBWorm.PXJ juga mencoba mematikan beberapa aplikasi Windows lainnya seperti Windows Media Player, Microsoft Visual Basic, Media Player Classic, Group Policies dan Microsoft Office.


Massachusetts
- Gara-gara laptopnya kena virus komputer, seorang pria asal Massachusetts tersandung kasus pornografi dan dipecat dari pekerjaannya. Apes..

Adalah Michael Fiola, pria yang kurang beruntung itu. Semula, ia bekerja sebagai karyawan di Massachusetts Department of Industrial Accidents, sebelum akhirnya kepergok memiliki gambar pelecehan anak di laptopnya sehingga dipecat pada Maret 2007 dan menjalani proses hukum.

Tagihan internetnya yang lebih tinggi dari rekan-rekannya pada saat itu juga semakin memuncakkan kecurigaan.

Namun, akhirnya, Fiola berhasil selamat. Dalam investigasi para ahli komputer, ternyata program jahat virus komputer-lah yang sesungguhnya bertanggungjawab atas pengunduhan begitu banyak gambar porno anak ke laptop Fiola.

Analis komputer terkemuka dari Amerika Serikat yang dilibatkan dalam kasus ini, Tami Loehrs, menyatakan bahwa pengunduhan konten pornografi ini terjadi tanpa sepengetahuan sang pemilik.

"Laptop itu telah terkontaminasi berbagai virus dan mungkin juga telah dibajak oleh cracker," ungkap Loehrs dalam keterangannya di pengadilan seperti dikutip detikINET dari The Register, Rabu (18/6/2008).

Meski bisa bernafas lega, Fiola tentu saja merasa dicemarkan namanya akibat kejadian ini. Untuk itu, ia berniat menuntut mantan perusahaan yang telah memecatnya.



California
- Seringkali orang menghalalkan segala cara demi mencapai keinginannya. Aksi yang dilakukan oleh dua orang remaja ini misalnya.

Alih-alih giat belajar agar memperoleh nilai yang bagus, mereka justru mencuri soal ujian dan membobol komputer sekolah untuk mengubah nilai ujian mereka menjadi A.

Dikutip detikINET dari PCWorld, Kamis (19/6/2008), dua pelajar tersebut bernama Omar Khan dan Tanvir Singh. Keduanya berusia 18 tahun. Disebutkan, Khan membobol komputer di Tesoro High School, Rancho Santa Margarita California dan mengganti nilai D dan C yang dia terima untuk pelajaran Bahasa Spanyol, Kalkulus, dan Bahasa Inggris menjadi A dan B+.

Selain itu, ia juga mencuri soal-soal ujian yang akan diujikan. Tak hanya itu, dia juga menggunakan username dan password curian untuk membobol komputer sekolah dan mengganti nilai 12 siswa lainnya.

Aksi Khan tak berhenti sampai di situ, dia menginstall software spyware di database nilai komputer sekolah sehingga dapat mengakses sistem dari jauh. Akhirnya pihak sekolah mencium kejahatan Khan ini, karena curiga dengan nilai-nilai Khan yang cemerlang.

Akibat perbuatannya tersebut, Khan terancam hukuman penjara lebih dari 38 tahun. Sementara itu, ancaman hukuman bagi Singh lebih ringan, yakni 3 tahun pejara. Pasalnya, kejahatan yang dilakukan Singh dinilai lebih ringan dibanding Khan, yakni menyelinap ke sekolah bersama Khan untuk mencuri soal ujian Bahasa Inggris.



Jakarta
- Sebuah program jahat tipe Trojan yang memburu sistem operasi Mac OS X diketahui telah berkeliaran di internet. Situs iChat disebut sebagai salah satu jalur penyebarannya.

Seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Senin (23/6/2008), program jahat bernama 'Applescript.THT Trojan' telah berkeliaran di internet. Situs seperti LimeWire hingga iChat, yang notabene merupakan situs dari Apple Inc., disebut-sebut sebagai situs yang dimanfaatkan program jahat itu untuk beredar.

Program jahat jenis trojan, yang menyusup dan 'merusak' komputer dari dalam, itu memiliki ukuran 3.1 MB. Ia menyamar sebagai aplikasi bernama 'Astht_v06' untuk mengelabui penggunanya.

SecureMac melaporkan, program itu bisa memberi akses penuh pada sistem Mac OS X korban. Program jahat itu juga bisa mencatat tombol keyboard yang ditekan, menggunakan kamera iSight pada Macintosh korban untuk memotret dan juga merekam citra layar komputer.

Untuk mencegah terinfeksi Applescript.THT, pengguna disarankan untuk berhati-hati dalam mendownload file dari internet. Pasalnya, program jahat ini baru akan menginfeksi komputer jika dijalankan.

Skotlandia - Warga Skotlandia kini tidak bisa sembarangan mengirim pesan singkat (Short Message Service/SMS) atau e-mail 'menggoda' ke orang lain. Bagi yang melanggar, siap-siap meringkuk selama 10 tahun di balik jeruji besi.

Dikutip detikINET dari TheRegister, Selasa (24/6/2008), Skotlandia telah mengumumkan Rancangan Undang-Undang Kejahatan Seksual yang akan mengancam para penjahat seksual. Ini merupakan revisi radikal dari undang-undang kejahatan seksual yang berlaku di Skotlandia.

Nantinya orang yang mengirimkan pesan atau gambar yang mengandung konten seksual akan diancam hukuman penjara selama 10 tahun. Selain itu, orang yang memperdengarkan atau memperlihatkan komunikasi cabul kepada orang lain juga terancam dikenai sanksi ini. Bahkan orang yang berkirim pesan menggoda atau lelucon yang menjurus, bisa saja dikenai sanksi tersebut.

Selanjutnya, pihak jaksa penuntut dan pengadilan yang akan memutuskan apakah suatu komunikasi memang tergolong kejahatan dan si pelaku harus dijebloskan ke penjara atau tidak.

Rancangan undang-undang ini juga melarang orang mengirim gambar asli atau gambar rekaan yang menunjukkan aktivitas seksual tanpa seizin pihak penerima. Jika pihak pengadilan menemukan bahwa pesan itu bertujuan untuk memuaskan hasrat si pengirim atau menyebabkan si penerima gelisah atau ketakutan, maka si pengirim akan menerima hukuman penjara selama 10 tahun.



Jakarta
- Situs Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jambi diusili cracker. Si dedemit maya pun tak segan mengkritik pengelola situs untuk segera menambal lubang-lubang di situs ini. "Pemerintah itu kerjaannya apaan siy? Bikin website aja gak bener. Tolong diperbaiki ya websitenya, ni dah ketahuan HOLE nya!!!," tulis pelaku di halaman yang dikerjainya. Ketika detikINET melakukan pemantauan pada Rabu (25/6/2008), pelaku sepertinya telah menyusup di hampir seluruh halaman situs yang beralamat di www.bappedajambi.go.id ini. Jadi ketika pengunjung mau masuk ke halaman apapun di situs ini, maka akan terpampang pula pesan yang disisipkan pelaku dengan berlatar belakang merah. Si pelaku menamai dirinya 'nEwbi3_mBahnYa'. Ia juga menyebut-nyebut komunitas jasakom dan echo, yang selama ini dikenal sebagai komunitas penggiat keamanan jaringan dan komputer di Indonesia.

Singapura - Menurut survei yang dilakukan MasterCard, Singapura dan Korea Selatan adalah negara yang paling banyak 'membuang-buang' uang untuk berbelanja di internet.

Para pembelanja online di Singapura rata-rata menghabiskan US$ 770,70 selama periode tiga bulan, disusul Korea Selatan (Korsel) yang menghabiskan US$ 707,50.

Demikian hasil survei yang melibatkan lebih dari 4000 orang yang memiliki rekening bank dan juga menggunakan internet paling sedikit satu kali dalam seminggu ini. Survei digelar di Hong Kong, China, Australia, Jepang, India, Thailand, Singapura dan Korea Selatan.

Selain Singapura dan Korsel, predikat online shopper terbesar lainnya dipegang oleh Thailand dimana para pembelanja online di sana menghabiskan paling sedikit US$ 406,30 di internet selama tiga bulan. Sementara itu Jepang tercatat menghabiskan uang sebesar US$ 581 di internet.

AFP yang dikutip detikINET, Rabu (25/6/2008) melansir, sebanyak 83 persen responden di Jepang dan Korea Selatan mengaku membeli barang secara online.

Masih menurut survei tersebut, populasi belanja online di China diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 480 juta pada tahun 2010. Demikian dengan populasi belanja online di India diramalkan meningkat pesat, menyusul Jepang dan Korea.



Bayangkan
, menemukan harta karun berlimpah atau makanan yang saaangaaat lezat, tapi harus menghabiskannya sendirian. Tertawa dalam kesendirian. Ah, mana nikmat? Coba bandingkan jika kita berebut makanan dengan sahabat. Meski cuma sedikit, kalau dinikmati ramai-ramai, rasanya pasti jadi selangit. Sama seperti santapan (baca: game) seru yang berbumbu XXX alias hal porno. Jangan ditanya kemampuannya menghiburnya. Di antara 22,4 persen responDet yang pernah main game jenis ini, 79,1 persen mengaku terhibur. Gimana enggak? Di dalam game itu, banyak betebaran cewek cantik berpakaian kurang bahan. He he he. Tapi, seperti si Det bilang tadi, yang lezat-lezat emang lebih nikmat kalau dilakukan bareng-bareng. Tanya aja sama 60,5 persen responDet yang lebih suka main game porno bareng teman-temannya. Yuk... Pertama, mari meluncur ke SMP negeri di kawasan Surabaya Pusat. Di sana, ada Hasan Fuadi. Cowok yang punya panggilan Fuad itu ternyata punya kesibukan khusus bareng teman-temannya saat istirahat. Kegiatan yang bikin mereka ketawa ngakak bareng. Bukan. Bukan nonton ludruk. Mereka cuma bermain. Nah, bermain apanya yang perlu kita teliti. "Main simulation game, tapi lebih asyik. Soalnya, ada yang menyegarkan mata. He he he. Biasanya, aku dan teman-teman main di ponsel masing-masing. Tapi, saling memberi tip dan beradu," ungkap pemuda yang hobi main basket itu blak-blakan. Hmm... apa karena game itu berjenis XXX kalian lebih suka main ramai-ramai? "Yup, lebih ramai lebih asyik. Soalnya, permainan ini kan menghibur banget. Nggak enak kalau ketawa sendirian. Mending seru-seruan bareng. Keren-kerenan. Lihat kemampuan maisng-masing. Ha ha," celoteh pria Leo ini sambil tertawa ngakak. Nggak cuma kaum Adam aja ternyata yang berani main game "begituan." Emansipasi udah merajalela. Cewek pun pernah main game plus plus. Bareng-bareng pula. Contohnya, Layli Nadhifah asal salah satu SMA swasta di kawasan Surabaya Barat. "Biasanya, aku main bareng teman-teman cewekku di rumah teman. Kalau udah main, saking asyiknya pasti suka lupa waktu. Aku bahkan pernah main mulai pulang sekolah jam 12 siang sampai jam delapan malam," cerita anak sulung di antara dua bersaudara tersebut. Si Det jadi penasaran, yang bikin seru apa sih? "Game-nya berupa puzzle yang terbuka sedikit demi sedikit. Kita jadi penasaran, ada gambar apa di balik kepingan puzzle itu. Begitu kita bisa bareng-bareng memecahkannya, rasanya seru banget, puas," jawab Layli. Ya ya ya. Itu tadi mereka yang suka berbagi kenikmatan. Tapi, ada juga yang lebih menikmati game plus-plus itu sendirian. Grady Hanzel asal salah satu sekolah swasta di Surabaya Timar, misalnya. (hil/dat)

Penasaran pengin main game porno? Tahan dulu. Si Det punya cara agar "hasrat" kamu tetap tersalurkan. Solusinya tetap nggak jauh-jauh dari dunia game, kok. Begini isinya.

1.Tetap telanjang. Eits, jangan berpikir ngeres dulu. Yang dimaksud tetap telanjang bukan manusia. Tapi, game yang berisi tentang mengatur kebun binatang. Itu berarti yang telanjang ya hewan-hewan itu. Ini lebih bermanfaat, lho. Kita bisa mempelajari karakteristik para binatang. Siapa tahu kemampuan bermain game ini bisa menjadi bekal. Terutama, untuk kerja nanti.

2.Tetap hot. Salah satu unsur game porno adalah foto-foto yang hot. Tenang, kamu tetap bisa bermain game yang mengandung unsur hot. Tapi, pasti jauh dari kesan porno. So, mainin game(det)
apa dong? Simulasi pemadam kebakaran aja. Di permainan itu, pasti ada banyak kobaran api yang cukup bisa membuat panas. Dijamin, permainan ini nggak kalah panas.

Robot


Robot adalah makhluk mekanik. Namun, bukan berarti kemampuannya melulu berkisar pada hal-hal teknis. Robot juga bisa berfungsi pada ranah estetika. Fungsinya adalah sebagai media hiburan atau mengadaptasi gerakan-gerakan manusia. SEGA Toys menerapkan itu pada robot baru buatannya. Yaitu, EMA (Eternal Maiden Actualization) dan AMP (Automated Music Personality).

EMA dikategorikan sebagai fembots (feminine robot), alias robot berjenis kelamin cewek. Robot itu punya tujuh titik artikulasi pada siku, pundak, lutut, dan pinggang. Dengan demikian, ia mampu berjalan dengan lemah gemulai layaknya wanita.

EMA juga bisa menghibur sang pemilik dengan menari dan menyanyi. Atau mengambilkan dokumen berukuran kecil, seperti kartu nama. EMA punya fitur unik bernama love mode.

Sang robot juga dilengkapi sensor inframerah. Fungsinya mendeteksi wajah seseorang yang sedang blushing alias memerah karena tersipu malu. Jika itu terjadi, EMA akan memalingkan wajahnya ke arah orang itu. Yang selanjutnya terjadi adalah EMA mengeluarkan suara "cup!" seperti sedang mencium.

Meski dibuat oleh perusahaan mainan, EMA ditargetkan untuk konsumen dewasa. Robot setinggi 38 cm itu akan beredar di Jepang mulai 26 September. Satu unit EMA dijual USD 175 atau sekitar Rp 1,62 juta.

Beda lagi AMP. Robot itu diberi jenis kelamin laki-laki oleh SEGA Toys dan Tiger Electronics. Bodinya dibuat berwarna mayoritas hitam. Dengan aksen krom dan kuning, AMP terlihat garang.

AMP adalah robot untuk penggunaan personal dengan fungsi musikal. Pada bagian punggung robot setinggi 73,6 cm itu, terdapat slot untuk PMP (portable media player). AMP dilengkapi speaker stereo berukuran 5 inci pada bagian dada.

Kedua "tangan" AMP adalah tweeter speaker dan touch pad yang berfungsi sebagai mixing deck untuk memodifikasi lagu. Tangan kiri menambahkan layer sound effect, tangan kanan untuk mengatur audio.

AMP tidak bergerak dengan kaki. Namun, melalui dua roda yang berposisi sejajar. Fungsi itu dilengkapi kemampuan dynamic balancing technology (DBT). Tujuannya mengatur keseimbangan robot sehingga tidak mudah jatuh saat bergerak. Sumber energi AMP ada pada enam buah baterai ukuran D dan tiga baterai ukuran AAA.

Robot yang dipamerkan dalam Tokyo Toy Show pada 19 hingga 22 Juni itu dirilis Oktober mendatang. Tiap unit rencananya dijual seharga USD 500 atau sekitar Rp 4,6 juta. (rum/bs/kkn)



LEEUWARDEN - Untuk kali kedua, adu cepat kapal tenaga surya Frisian Solar Challenge diselenggarakan di Belanda. Acara tahunan yang dimulai Senin (23/6) itu diikuti 40 peserta dari delapan negara. Selama enam hari, mereka akan berlaga untuk menjadi yang terbaik dan tercepat.

Start yang berlangsung Senin berjalan lancar, meski angin kencang mengganggu sesi kualifikasi sehari sebelumnya. "Walau terpaksa diundur karena masalah teknis, seluruh peserta akhirnya bisa diberangkatkan," kata Jubir Frisian Solar Challenge Christel Pieper.

Dalam kompetisi enam hari itu, ke-40 peserta akan menyusuri jalur perairan di wilayah utara Belanda sepanjang 217 kilometer. Untuk menyelesaikan jarak tersebut, cuaca menjadi tantangan utama peserta. Maklum, perahu yang dipakai dalam ajang itu disyaratkan sepenuhnya bertenaga matahari. "Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang memaksa peserta kreatif," kata Pieper.

Tim dari Technical University of Delft, pemenang Frisian Solar Challenge tahun lalu, melapisi kapal mereka dengan panel surya yang terbuat dari gallium arsenide. Lambung kapal dirancang khusus oleh teknisi ahli Marin Research Institute Netherlands. Tanpa nakhoda, berat total kapal itu kurang dari 90 kilogram.

Namun, menjadi pemenang bukan tujuan akhir peserta ajang tersebut. Yang lebih penting dari kompetisi, yang konon dianggap paling akbar di dunia, itu adalah kreativitas. Mereka ingin menjadi peserta dengan desain kapal tenaga surya paling efisien. (AP/hep/soe)

When You're Gone

I always needed time on my own
I never thought I'd need you there when I cry
And the days feel like years when I'm alone
And the bed where you lie is made up on your side

When you walk away I count the steps that you take
Do you see how much I need you right now

[Chorus]
When you're gone
The pieces of my heart are missing you
When you're gone
The face I came to know is missing too
When you're gone
The words I need to hear to always get me through the day and make it ok
I miss you

I've never felt this way before
Everything that I do reminds me of you
And the clothes you left, they lie on the floor
And they smell just like you, I love the things that you do

When you walk away I count the steps that you take
Do you see how much I need you right now

[Chorus]

We were made for each other
Out here forever
I know we were, yeah
All I ever wanted was for you to know
Everything I'd do, I'd give my heart and soul
I can hardly breathe I need to feel you here with me, yeah

[Chorus]

Remember

Sensation washes over me
I can't describe it
Pain I felt so long ago
I don't remember
Tear a hole so I can see
My devastation
Feelings from so long ago
I don't remember

Holding on, to let them know
What's given to me, given to me
To hide behind
The mask this time
And try to believe

Blind your eyes to what you see
You can't embrace it
Leave it well enough alone
And don't remember
Cut your pride and watch it bleed
You can't deny it
Pain you know you can't ignore
I don't remember

Holding on, to let them know
What's given to me, given to me
To hide behind
The mask this time
And try to believe

If I can
Remember
To know this will
Conquer me
If I can
Just walk alone
And try to escape
Into me

[whispering:]
Sensation washes over me
I can't describe it
Pain I felt so long ago
I don't remember

I'm just holding on, to let them know
What's given to me, given to me
To hide behind
The mask this time
And try to believe

If I can
Remember
To know this will
Conquer me
If I can
Just walk alone
And try to escape
Into me
into me
into me